Kamis 08 Juli 2021, 09:40 WIB

Langgar PPKM Darurat, Puluhan Pedagang Didenda Hingga Rp300 Ribu

Lilik Darmawan | Nusantara
Langgar PPKM Darurat, Puluhan Pedagang Didenda Hingga Rp300 Ribu

Antara
Pemkab Purbalingga dan Cilacap, Jateng mulai mendenda pelanggar PPKM darurat, total jumlah denda mencapai Rp4 juta lebih.

 

SEJUMLAH daerah mulai menerapkan sanksi tegas terhadap para pelanggar PPKM darurat, dua di antaranya adalah Purbalingga dan Cilacap, Jawa Tengah. Di Purbalingga, pada Rabu (7/7) malam telah dilangsungkan sidang tipiring dengan dua pelanggar. Sedangkan sebelumnya di Cilacap, ada 35 pelanggar yang disidang.

Pada persidangan yang berlangsung Rabu malam di Purbalingga, sidang dipimpin oleh Hakim Imanuel Charlo Rommel Danes dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Indra Gunawan. Ada dua pedagang yang melakukan pelanggaran dan terjaring razia oleh Tim Patroli dan Pengawasan (Patwas) PPKM Darurat Purbalingga. Sidang dilangsungkan di Pos Satgas Penanganan Covid-19 Purbalingga.

Dalam sidang tersebut, terdakwa divonis denda Rp250 ribu dan mereka berjanji tidak akan mengulangi kesalahan. "Saya mengaku salah dan membayar denda Rp250 ribu," kata Haris salah seorang pelanggar PPKM darurat dengan pasrah.

Sedangkan terdakwa lainnya yakni Muhammad Sigit divonis denda Rp300 ribu.

Sebelumnya, di Cilacap ada 35 pelanggar PPKM darurat yang menjalani sikdang tipiring di Aula Kantor Satpol PP Cilacap, Rabu (7/7). Sidang menghadirkan sebanyak 35 orang pelanggar protokol kesehatan. Jalannya sidang dibagi menjadi dua sesi dengan jumlah peserta pada sesi pertama 15 orang dari pemilik warung makanan dan sesi kedua sebanyak 20 orang PKL.

Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian Penyidik PNS Mukhamar menyatakan bahwa mereka yang disidang merupakan pelanggar PPKM darurat. "Mereka divonis dengan sanksi denda Rp100 ribu hingga Rp300 ribu dengan subsider tiga hari kurungan," ujarnya.

Ia berharap dalam masa PPKM Darurat melaksanakan Instruksi Bupati nomor 17 tahun 2021 dan disidang Tipiring sebagai efek jera, sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di Cilacap. Hasil denda dari puluhan pelanggar yang dikumpulkan mencapai Rp4.450.000. (OL-13)

Baca Juga: Polisi Benarkan Publik Figur NR-AB Diperksa terkait Narkoba

 

Baca Juga

Dwi Apriani

Pemkot Palembang Fokus Tekan Stunting

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 08 Desember 2021, 15:53 WIB
Kota Palembang berada jauh lebih rendah dari rata-rata nasional sebesar 30% yang terkena stunting. Yakni angka stunting hanya...
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Berkunjung ke Sintang, Jokowi Tanam Pohon di Area Bekas Tambang

👤Andhika prasetyo 🕔Rabu 08 Desember 2021, 15:34 WIB
Upaya itu diharapkan dapat memperbaiki lingkungan yang rusak sehingga risiko terjadinya bencana banjir bisa...
Dok PT Paiton Energy

Hutan Selobanteng Hasilkan Dekarobisasi Untuk Kesejahteraan Warga

👤Siswantini Suryandari 🕔Rabu 08 Desember 2021, 15:12 WIB
Hutan rakyat memiliki manfaat sangat besar untuk mitigasi perubahan iklim dan pemberdayaan ekonomi rakyat. Hal ini terbukti pada program...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya