Kamis 08 Juli 2021, 09:40 WIB

Langgar PPKM Darurat, Puluhan Pedagang Didenda Hingga Rp300 Ribu

Lilik Darmawan | Nusantara
Langgar PPKM Darurat, Puluhan Pedagang Didenda Hingga Rp300 Ribu

Antara
Pemkab Purbalingga dan Cilacap, Jateng mulai mendenda pelanggar PPKM darurat, total jumlah denda mencapai Rp4 juta lebih.

 

SEJUMLAH daerah mulai menerapkan sanksi tegas terhadap para pelanggar PPKM darurat, dua di antaranya adalah Purbalingga dan Cilacap, Jawa Tengah. Di Purbalingga, pada Rabu (7/7) malam telah dilangsungkan sidang tipiring dengan dua pelanggar. Sedangkan sebelumnya di Cilacap, ada 35 pelanggar yang disidang.

Pada persidangan yang berlangsung Rabu malam di Purbalingga, sidang dipimpin oleh Hakim Imanuel Charlo Rommel Danes dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Indra Gunawan. Ada dua pedagang yang melakukan pelanggaran dan terjaring razia oleh Tim Patroli dan Pengawasan (Patwas) PPKM Darurat Purbalingga. Sidang dilangsungkan di Pos Satgas Penanganan Covid-19 Purbalingga.

Dalam sidang tersebut, terdakwa divonis denda Rp250 ribu dan mereka berjanji tidak akan mengulangi kesalahan. "Saya mengaku salah dan membayar denda Rp250 ribu," kata Haris salah seorang pelanggar PPKM darurat dengan pasrah.

Sedangkan terdakwa lainnya yakni Muhammad Sigit divonis denda Rp300 ribu.

Sebelumnya, di Cilacap ada 35 pelanggar PPKM darurat yang menjalani sikdang tipiring di Aula Kantor Satpol PP Cilacap, Rabu (7/7). Sidang menghadirkan sebanyak 35 orang pelanggar protokol kesehatan. Jalannya sidang dibagi menjadi dua sesi dengan jumlah peserta pada sesi pertama 15 orang dari pemilik warung makanan dan sesi kedua sebanyak 20 orang PKL.

Kepala Seksi Operasi dan Pengendalian Penyidik PNS Mukhamar menyatakan bahwa mereka yang disidang merupakan pelanggar PPKM darurat. "Mereka divonis dengan sanksi denda Rp100 ribu hingga Rp300 ribu dengan subsider tiga hari kurungan," ujarnya.

Ia berharap dalam masa PPKM Darurat melaksanakan Instruksi Bupati nomor 17 tahun 2021 dan disidang Tipiring sebagai efek jera, sehingga dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di Cilacap. Hasil denda dari puluhan pelanggar yang dikumpulkan mencapai Rp4.450.000. (OL-13)

Baca Juga: Polisi Benarkan Publik Figur NR-AB Diperksa terkait Narkoba

 

Baca Juga

ANTARA/Suwandy

Vihara Girinaga Makassar Terbakar Aibat Lilin Jatuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 00:47 WIB
Vihara Girinaga Makassar mengalami kebakaran akibat lilin yang sedang menyala jatuh dan mengena benda yang mudah terbakar, sehingga...
Dok. Sobat Erick

Ajak Masyarakat Giat Olahraga, Sobat Erick Gelar Senam Sehat di Bandung

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 23:08 WIB
Ajakan ini direalisasikan para pendukung Menteri BUMN Erick Thohir di Pilpres 2024 tersebut lewat pelaksanaan senam sehat di Kota Bandung,...
MI/RUTA SURYANA

STAHN Mpu Kuturan Luncurkan Rencana Aksi Pemuliaan Air di Bali Utara

👤Ruta Suryana 🕔Senin 16 Mei 2022, 22:30 WIB
Acara ini diresmikan secara langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono di Danau Tamblingan, Desa Munduk, Kecamatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya