Jumat 25 Juni 2021, 16:18 WIB

Banjir Kiriman Landa Tiga Kelurahan di Pamekasan

Mohammad Ghazi | Nusantara
Banjir Kiriman  Landa Tiga Kelurahan di Pamekasan

MI/M Ghazi
Ilustrasi

 

BANJIR melanda tiga kelurahan di Kota Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (24/6) malam. Tiga kelurahan itu yakni Kelurahan Jungcangcang, Patemon dan Kelurahan Bugih.

Di tga kelurahan yang posisinya bersebelahan tersebut tidak turun hujan. Namun t Sungai Patemon dan Kali Jombang tiba-tiba meluap, akibat kiriman air dari kawasan hulu yang diguyur hujan lebat selama beberapa jam.

Di beberapa titik, kedalaman genangan mencapai 1,5 meter. Diantaranya di Jalan Dirgahayu dan Jalan Basar, Kelurahan Bugih serta Jalan Sinhaji.

Sementara di Jalan Sinhaji dan Jalan Gazali, Kelurahan Jungcangcang serta di Kelurahan Patemon, tinggi genangan rata-rata 50 sentimeter.

Mukhlis, waega kelurahan Patemon mengatakan sejak tersiar kabar peningkatan volume air di kawasan hulu, warga tiga kelurahan yang berada persis di pinggir kedua sungai sudah mulai mengemasi peralatan rumah tangga mereka.

"Informasi itu kami terima secara berantai di ponsel disertai video. Sehingga ada kesempatan bagi kami mengemasi barang-barang," katanya.

Baca juga : Sejumlah ASN di Beberapa Perangkat Daerah di Cianjur Terpapar Covid-19

Koordinator Tim Reaksi Cepar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono, mengatakan banjir kiriman itu tidak berlangsung lama.

"Ini hanya banjir kiriman dan untungnya tidak bersamaan dengan pasangnya air laut," katanya.

Berdasar hasil pendataan BPBD setempat, jumlah warga yang terdampak langsung banjir tersebut sebanyak 277 keluarga. Yang terbanyak terdapat di Kelurahan Bugih sebanyak 233 keluarga.

Selain di kawasan kota, banjir juga melanda dua desa di Kecamatan Palengaan, Pamekasan yakni Desa Potoan dan Panaan. Bahkan tiga pesantren besar di dua desa tersebut ikut terhenang.

Ketiga pesantren itu antara lain Ponpes Darul Ulum dan Ponoes Alhamidi, di Desa Potoan dan Ponpes Bata-Bata di Desa Panaan.(OL-2)

Baca Juga

DOK.MI

Diduga Gelapkan Uang Rp1,6 M, Ketua AEKI Lampung Ditangkap

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 19:35 WIB
Polda Lampung melakukan penyelidikan kasus tersebut, bahkan tersangka sempat masuk daftar pencarian orang (DPO) sejak 3 Juni...
MI/KRISTIADI/DOK.TAGANA

Dua Kecamatan di Pangandaran Tergenang akibat Luapan Sungai

👤Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 18:00 WIB
Air kedua sungai itu mulai meluber dan membanjiri wilayah permukiman dan jalan pada Sabtu (13/8) sekitar pukul 13.00 WIB sehingga petugas...
MI/Susanto

Jemaah Haji Kloter 8 Debarkasi Padang Tiba di Tanah Air

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 17:05 WIB
Tampak raut bahagia terlukis dari wajah para jemaah. Ada yang tersenyum sampai terharu mengeluarkan air mata saat bertemu dengan sanak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya