Selasa 15 Juni 2021, 22:10 WIB

Wilayah Bandung Raya Siaga Covid-19

Bayu Anggoro | Nusantara
Wilayah Bandung Raya Siaga Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

 

BANDUNG Raya, Jawa Barat ditetapkan menjadi siaga I terkait covid-19. Hal ini dikarenakan meningkatnya pasien di rumah sakit yang terpapar virus korona.

Selain itu, penetapan siaga I dikarenakan dua wilayah administratif yakni Kabupaten Bandung dan Bandung Barat masih termasuk zona merah. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, saat ini keterisian rumah sakit rujukan virus korona di Bandung Raya mencapai 84,19%.

Padahal, WHO menyebut batas normal keterisian di angka 70%. Dengan begitu, pihaknya langsung menetapkan Bandung Raya menjadi siaga I. "Dengan semua indikator ini, maka seluruh Bandung Raya work from home. Hadir fisiknya 25%," kata Emil usai rapat koordinasi penanganan covid-19  di Bandung, Selasa (15/6). 

Emil memastikan wilayah tersebut terlarang bagi kunjungam warga luar. Bahkan, dia juga mengimbau wisatawan yang hendak ke Bandung untuk  membatalkannya. "Kami mengimbau tak ada wisatawan datang ke Bandung Raya selama tujuh hari ke depan," katanya.

Emil menyebut, hingga hari H Idul Fitri tingkat penyebaran virus korona di Bandung relatif membaik. "PPKM mikro kita berhasil sampai Idul Fitri, rumah sakit terisinya 25%. Tapi sebulan ini melompat drastis," katanya.

Karena itu, Emil meminta pemerintah pusat tidak memberlakukan libur panjang jelang momentum hari raya Idul Adha. "Mohon tak ada libur panjang berikutnya selama Idul Adha," ujarnya.

Dia juga meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas ibadah di luar bahkan dengan mendukung penutupan tempat ibadah. "Semua zona merah diharapkan mengikuti instruksi termasuk kegiatan ibadah. Beribadah bisa dimaksimalkan dulu di rumah," katanya.

Disinggung pelaksanaan sekolah tatap muka, Emil memastikan hal itupun tidak akan digelar. "Sekolah tatap muka kita tunda dulu, zona merah pasti tidak boleh," katanya.

Lebih lanjut, Emil memastikan pihaknya akan memaksimalkan vaksinasi. Bagi warga di Bandung Raya, menurutnya semua kelompok usia akan divaksinasi.

"Kami meminta dukungan bahwa di zona merah Bodebek Bandung Raya, vaksinasi boleh untuk umum. Di atas 18 tahun akan kami maksimalkan  divaksin, tak lagi lansia," katanya. (OL-15)

Baca Juga

Dok Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Bima Arya: Perlu Kolaborasi dan Peran Aktif untuk Bantu Warga

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 02:00 WIB
Bima Arya mengajak warga Kota Bogor dan semua pihak, untuk bersama-sama berikhtiar melakukan apa yang dapat dilakukan untuk meringankan...
ANTARA/Fikri Ali

Pemprov Gorontalo Dorong Petani Budidayakan Porang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 22:15 WIB
 Jenis tanaman umbi sebagai sumber karbohidrat dan energi yang sehat pengganti...
AFP/Nhac Nguyen.

Sumsel Terima Vaksin Moderna untuk Vaksinasi Ketiga Tenaga Kesehatan

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 29 Juli 2021, 21:44 WIB
Menurutnya, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien covid-19 membutuhkan imunitas yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya