Rabu 09 Juni 2021, 18:55 WIB

Muba Punya Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan

Dwi Apriani | Nusantara
Muba Punya Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan

MI/Dwi Apriani
Menteri PPPA Bintang Puspayoga bersama Bupati Muba Dodi Reza kunjungi Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) Sektor Perkebunanan

 

MENTERI Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia Bintang Puspayoga menobatkan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sebagai daerah yang memiliki Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) di sektor perkebunan pertama di Indonesia, dan menjadi contoh untuk daerah lain, Rabu (9/6). Sebelumnya Kabupaten Muba telah menyandang sebagai Kabupaten Layak Anak.

"Muba luar biasa, kami Kementerian PPPA salut dengan daerah ini yang sangat nyata implementasinya dalam perlindungan perempuan dan anak. Hari ini resmi, Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) pada sektor perkebunan pertama di Indonesia ada di Kabupaten Muba," kata Menteri PPPA, Bintang Puspayoga.

Pilot Project Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) Sektor Perkebunan dan Daycare Ramah Anak Taman Asuh Gembira (TARA) di PT Hindoli Kecamatan Sungai Lilin. Dikatakannya, para pekerja khususnya pekerja perempuan, sangatlah rentan mengalami segala bentuk tindakan kekerasan dan diskriminasi seperti sulit mendapatkan hak untuk berserikat, hak cuti hamil, cuti haid, hubungan industrial yang tidak adil serta hak perlindungan dan keselamatan kerja.

"Hal ini disebabkan karena banyak di antara mereka yang belum memahami hak-hak pekerja perempuan, serta merasa takut, malu dan tidak mengetahui tempat untuk melapor ketika mengalami kekerasan ataupun diskriminasi di tempat kerja," tuturnya.

baca juga: Kementerian PPPA

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan berdirinya proyek RP3 ini memberikan jaminan kepada masyarakat Musi Banyuasin, khususnya pekerja perempuan. Bahwa sudah terdapat fasilitas untuk meningkatkan perlindungan pekerja perempuan dari setiap bentuk kekerasan dan diskriminasi di tempat kerja.

"Pemerintah daerah akan terus mendukung kebijakan yang dapat meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat setempat," ucapnya.

Ia menyebutkan, realisasi keberadaan RP3 ini juga merupakan langkah konkrit Pemkab Muba dalam menerapkan kesetaraan gender di Muba khususnya di sektor pekerja perempuan di Muba. (N-1)

 

Baca Juga

MI/Andri W

Sejumlah Jalan di Bandung Dibuka-Tutup Imbas Kasus Covid-19 Naik

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 17 Juni 2021, 08:40 WIB
KAPOLRESTABES Bandung, Jawa Barat, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan pihaknya mulai memperketat lagi skema buka-tutup sejumlah...
AFP/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 92 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 17 Juni 2021, 07:16 WIB
Penambahan 92 kasus positif baru itu berasal dari 24 kecamatan di...
Dok.CJ-KOTRA

CJ-KOTRA Berikan Pelatihan pada Koperasi Cokelat dan Kopi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 17 Juni 2021, 06:55 WIB
Pelatihan kepada koperasi kopi dan coklat untuk dapat menciptakan produk berkualitas tinggi serta teknik pemasaran yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghitung Ancaman Megathrust Pesisir Selatan Jatim

Analisis mengenai potensi gempa dan tsunami harus dijadikan pengingat untuk memperkuat mitigasi kegempaan dan tsunami di wilayah Jawa Timur.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya