Senin 03 Mei 2021, 07:16 WIB

Gempa Aceh Terjadi karena Aktivitas Subduksi di Sisi Barat Sumatra

Ferdian Ananda Majni | Nusantara
Gempa Aceh Terjadi karena Aktivitas Subduksi di Sisi Barat Sumatra

Dok MI
Ilustrasi gempa

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik berkekuatan M 4,8 wilayah Banda Aceh dan sekitarnya pada Senin (3/5) pukul 03.49 WIB. Episenter terletak pada koordinat 5.43 LU dan 94.60 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 kilometer Barat Daya Kota Sabang Aceh dengan kedalaman 49 kilometer.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,8," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro dalam keterangan resmi, Senin (3/5).

Dia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi di sisi barat Sumatera.

Baca juga: Tim SAR Temukan Lagi Korban Tewas Longsor di Tapsel

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Banda Aceh dengan Skala Intensitas III - IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

"Namun, hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ujarnya.

Hingga pukul 04:30 WIB, hasil monitoring BMKG, tidak ada kejadian gempabumi susulan (aftershock).

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Waspadai Potensi Mobilitas Lokal di Masing-masing Wilayah

👤Antara 🕔Kamis 06 Mei 2021, 17:05 WIB
Kebijakan larangan mudik diberlakukan guna mengendalikan penyebaran kasus COVD-19 di Tanah Air yang selama 2,5 bulan terakhir mulai...
Antara/Wahdi Septiawan.

Perantau yang Mudik Diminta Isolasi Mandiri di Kampung

👤Yose Hendra 🕔Kamis 06 Mei 2021, 16:42 WIB
Untuk mengetahui orang yang datang, menurutnya, pemerintah nagari dapat memaksimalkan posko penanganan covid-19 di perbatasan...
Antara/Hendra Nurdiyansyah.

Takbir Keliling di DIY tidak Dilaksanakan

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 06 Mei 2021, 16:30 WIB
Pihaknya memperbolehkan pelaksanaan salat Idulfitri. Namun, pelaksanaan salat tersebut harus memperhatikan status wilayah mereka...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya