Senin 19 April 2021, 06:08 WIB

Pesan Kerukunan Mahasiswa Nusantara di DIY Lewat Berbagi Takjil

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Pesan Kerukunan Mahasiswa Nusantara di DIY Lewat Berbagi Takjil

MI/Ardi Teristi Hardi
Kegiatan bagi-bagi takjil yang dilakukan Mahasiswa Nusantara di Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

MINGGU (18/4), sekitar pukul 16.30 WIB, ada yang tidak biasa di simpang 4 Kotabaru, Kota Yogyakarta. Sekelompok anak muda dengan berbagai pakaian adat tampak membagi-bagikan takjil untuk pengguna jalan yang melintas.

Sambil membagikan takjil, tampak sepasang muda-mudi menari dengan diiringi musik tradisional Kalimantan Barat. Mereka berdua bergerak dengan anggun. Tidak jarang, pengguna jalan mengabadikan tarian tersebut dengan ponsel mereka.

Koordinator acara Altingia menyampaikan kegiatan tersebut merupakan Ngabuburit bareng Mahasiswa Nusantara. Acara tersebut sambil menampilkan tarian, pakaian, dan musik dari daerah-daerah.

Baca juga: Mudik Dilarang, Omzet Pedagang Telor Asin Brebes Turun Drastis

"Para mahasiswa membawa pesan untuk lebih mengenalkan budaya nusantara kepada masyarakat Yogyakarta sekaligus membawa pesan damai dan kerukunan, terlebih di bulan Ramadan," kata dia.

Takjil dan masker yang dibagikan merupakan donasi dari masing-masing asrama mahasiswa, yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sambas, Riau, Kepulauan Banggai, Papua, dan Yogyakarta.

"Takjil yang dibagikan sebanyak 300 pax dan masker 300 pcs," kata Altingia.

Perwakilan dari Kalimantan Barat Adi Kores menyampaikan kegiatan ini sekaligus ingin menunjukkan betapa kayanya seni dan budaya di Indonesia. Perbedaan budaya bukan menjadi halangan untuk bersatu.

"Justru dari perbedaan itu membuat negara ini semakin kuat dan itu harus dimulai dari mahasiswa," kata dia.

Hal yang sama disampaikan perwakilan dari Papua, Ayub Anto. Lelaki asal Sorong, Papua itu ingin menunjukkan walau berasal dari berbagai daerah di Nusantara, mahasiswa tetap dapat bersatu.

"Kita ingin menumbuhkan persatuan di sini. Kita semua saudara," tutup dia. (OL-1)

Baca Juga

MI/Heri S

Sempat Anjlok, Produksi Susu Sapi Segar di Sidoarjo Naik Perlahan Pasca-PMK

👤Heri Susetyo 🕔Jumat 20 Mei 2022, 12:26 WIB
Karena wabah PMK, produksi susu segar anjlok sekitar 90%. Namun kini sejumlah sapi kondisinya sudah membaik dan produksi susu segar...
MI/Ignas Kunda

Sanggar Seni SRC SMP 3 Boawae Ruang Ekspresi Anak

👤Ignas Kunda 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:45 WIB
SEJUMLAH siswa di SMP Negeri 3 Boawae, Watugase, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, mengadakan pagelaran seni dan budaya dalam rangka...
MI/Dwi Apriani

Sinergi Pemkab dan SKK Migas, Tingkatkan SDM Lewat MVC

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:25 WIB
SEBAGAI upaya meningkatkan sumber daya manusia, Pemkab Muba bersama SKK Migas Perwakilan Sumbagsel kembali membuka Muba Vocational Centre...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya