Kamis 15 April 2021, 11:41 WIB

Tiga Rumah di Karanganyar Tertimpa Longsor, Penghuni Selamat

Widjajadi | Nusantara
Tiga Rumah di Karanganyar Tertimpa Longsor, Penghuni Selamat

Dok Istimewa
Tiga rumah di Dusun Ngantirejo, Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar terkubur longsoran tebing.

 

BENCANA longsor tebing setinggi 50 meter menghantam tiga rumah di Dusun Ngantirejo, Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar, yang ada di bawahnya, Rabu (14/4) malam saat para penghuninya sedang menjalankan shalat Tarawih di masjid.

" Kami tidak bisa membayangkan kalau para penghuni tidak sedang melaksanakan shalat tarawih," ungkap Sekdes Beruk, Jatiyoso, Rohmat (53) yang membuat laporan ke camat dan juga BPBD Karanganyar, Kamis pagi (15/4).

Menurut dia, bencana tebing longsor itu berlangsung usai hujan deras di wilayah Jatiyoso yang berlangsung sejak sore atau hari kedua ketika umat Islam setempat menjalani ibadah puasa.

"Nah sesaat hujan itu berhenti, tiba tiba terdengar suara gemuruh. Dan ketika sunber suara itu dicari, ternyata ada tebing ambrol, menghantam tiga rumah yang ada di bawahnya," imbuh dia.

Beruntung tebing ambrol itu hanya mengenai tiga rumah. Dua rumah rata terkubur, dan satunya lagi mengalami rusak berat. Kedua rumah yang terkubur longsoran itu milik Yadi (45) dan Kasidi (43). Sedangkan rumah milik Tardi (48) rusak parah di bagian dapur yang terkena hantaman longsoran tebing.

baca juga: Borneo Rescue Kini Kirim Relawan Bencana ke Malang

Hingga Kamis ini, warga bersama pemdes dan kecamatan Polsek dan Koramil bergotong-royong melakukan evakuasi meskipun berhati-hati karena khawatir terjadi longsor susulan. Sementara itu Camat Jatiyoso Kusbiyantoro mengatakan pihaknya fokus melakukan evakuasi bersama warga karena longsor yang membenamkan tiga rumah itu cukup parah.

"Kerugian materi pasti, karena tiga runah itu seperti terkubur. Tetapi yang penting itu tidak ada korban jiwa karena di Jatiyoso memang rawan longsor,"pungkas Kusbiyantoro. (WJ)


 

Baca Juga

MI/Heri Susetyo

Perhotelan di Jatim Sambut New Normal Dengan Sistem Digital

👤Heri Susetyo 🕔Minggu 13 Juni 2021, 09:00 WIB
Hotel Information Technology Association (HITA) Jawa Timur siap mendukung upaya dunia usaha perhotelan dalam menyambut tatanan baru (new...
ANTARA

Vaksinasi Covid-19 di Pariaman Terus Digencarkan

👤Yose Hendra 🕔Minggu 13 Juni 2021, 01:00 WIB
Genius juga mengingatkan agar masyarakat, khususnya ASN (Aparatur Sipil Negara), baik yang ber SK maupun kontrak, untuk dapat mengikuti...
Ist

Pemkab Bogor Ubah Area Bekas Tempat Sampah Jadi Hutan Kota

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 23:45 WIB
Pemkab Bogor dan Korindo Group melalui Yayasan Korindo akan membangun hutan kota di lahan bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perangkat Terenkripsi Jerat Penjahat di Seluruh Dunia

LEBIH dari 800 penjahat telah ditangkap di seluruh dunia seusai dijebak menggunakan aplikasi pesan terenkripsi yang dijalankan FBI.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya