Rabu 17 Maret 2021, 09:52 WIB

Sekolah di Sorong Mulai Belajar Tatap Muka Hari Ini

Martinus Solo | Nusantara
Sekolah di Sorong Mulai Belajar Tatap Muka Hari Ini

MI/Martinus Solo
Sebuah sekolah dasar di Sorong menggelar kegiatan belajar mengajar tatap muka.

 

GUNA melangsungkan belajar tatap muka, Wali Kota Sorong, Papua Barat, mengizinkan dibukanya kembali sekolah-sekolah di kota tersebut

Setelah satu tahun lamanya melakukan belajar mengajar secara daring akibat pandemi covid-19, proses belajar mengajar di Kota Sorong, Papua Barat, secara resmi kembali dilaksanakan, pada hari ini, Rabu (17/3).

Persyaratan dan ketentuan pembukaan sekolah tatap muka dilaksanakan, berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Sorong Nomor 420/17/2021 tanggal 26 Februari 2021 tentang izin pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi covid-19.

Baca juga: Bupati Jembrana Targetkan 1.200 Vaksinasi Covid-19 Setiap Hari

"Berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Sorong Nomor 420/17/2021 tanggal 26 Februari 2021 tentang izin pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi covid-19, maka pembukaan proses belajar mengajar tatap muka selama pandemi covid-19 dimulai secara resmi pada hari ini, Rabu (17/3)," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong Petrus Korisano.

Dibeberkan Petrus, sesuai dengan SK Wali Kota Sorong tentang izin pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi covid-19, ada
beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus ditaati dan dilaksanakan pihak sekolah maupun orangtua/wali murid dalam proses belajar tatap muka.

Di antaranya, orangtua/wali murid wajib membuat surat pernyataan baik yang bersedia maupun yang tidak bersedia belajar tatap muka. Kemudian sebelum sekolah dibuka, seluruh ruang kelas harus disemprot pada sore hari dengan cairan disinfektan dengan perbandingan 1:12.

Selain itu, jumlah murid atau siswa di dalam kelas ditentukan sebagai berikut :

  • TK paling banyak 7 siswa dalam ruangan
  • SD paling banyak 16 siswa dalam ruangan
  • SMP paling banyak 18 siswa dalam ruangan
  • SMA/SMK diatur oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Barat

"Jadwal belajar disusun oleh masing-masing sekolah, setiap hari kepala sekolah dan guru wajib mengikuti laporan perkembangan covid-19 dari Dinas Kominfo dan Tim Satgas COVID-19 Kota Sorong. Bagi sekolah yang belum siap melaksanakan protokol kesehatan dilarang membuka sekolah tatap muka," beber Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong.

Lanjutnya, ketentuan lainnya yaitu bagi siswa yang naik kendaraan umum wajib memakai alat pelindung diri (APD) dari rumah.

Apabila ada orangtua murid/siswa yang tidak bersedia anaknya belajar tatap muka, diizinkan belajar dari rumah menggunakan modul dan dibimbing orangtua.

Selanjutnya, Kepala Sekolah, Guru, Satpam, TU dan penjaga sekolah wajib datang lebih awal ke sekolah dari pada siswa.

Kantin sekolah, katanya, ditutup selama pandemi covid-19 dan murid/siswa diperbolehkan membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

"Murid atau siswa dilarang meminjamkan alat tulisnya kepada temannya. Waktu belajar mengajar selama pandemi covid-19 hanya 2 sampai 4 jam pelajaran, bukan 1 jam 60 menit. Tidak ada jam istirahat di sekolah, selesai belajar siswa langsung pulang," tegasnya.

Tidak hanya itu, bagi sekolah yang menggunakan dana BOS, katanya, untuk memenuhi alat pelindung diri dan pembelajaran tatap muka secara teknik edukatif sepenuhnya diatur oleh sekolah.

"Apabila dalam persyaratan dan ketentuan membuka sekolah tatap muka dengan protokol kesehatan ini, ada yang belum dicantumkan supaya sekolah dan pengurus yayasan menambahkannya. Kepala Sekolah, Guru, Satpam, TU dan penjaga sekolah akan di vaksinasi sambil menunggu jadwal dari Dinas Kesehatan Kota Sorong," tandas Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong. (OL-1)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Masyarat Tionghoa Peduli Gelar Donor Darah Bantu Penuntasan DBD di Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:55 WIB
Masyarakat Tionghoa Peduli sudah menggelar donor darah sejak tahun...
  ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tingkatkan Kemantapan Jalan

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:50 WIB
Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat memastikan  akan segera melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan provinsi...
FOTO ANTARA/FERI PURNAMA

Jabar Quick Response Sumbang Perahu untuk SDN Ciloma, Sukabumi

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:45 WIB
Siswa SDN Ciloma harus pulang pergi menyeberangi sungai menuju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya