Minggu 07 Maret 2021, 13:09 WIB

Selama 6 Hari, 16.364 Orang Ikuti Vaksinasi Massal di Yogyakarta

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Selama 6 Hari, 16.364 Orang Ikuti Vaksinasi Massal di Yogyakarta

MI/Susanto
Vaksinasi covid-19

 

WAKIL Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyampaikan, Pemkot Yogyakarta telah mengadakan vaksinasi massal selama enam untuk pelaku ekonomi di kawasan Malioboro dan sekitarnya serta Pasar Beringharjo. Vaksinasi massal dilaksanakan di tiga titik layanan, yaitu Benteng Vredeburg, Pasar Beringharjo, dan tempat parkir Abu Bakar Ali selama 1-6 Maret 2021.

"Total teregistrasi ada 19.200 orang, yang datang 17.240 (89.79%) orang, dan yang divaksinasi 16.364 orang (85.18%)," terang Heroe, Minggu (7/3).

Heroe menceritakan, ada pendaftar vaksin awalnya merasa takut karena adanya info hoaks tentang keamanan vaksin. Namun, ia kemudian sadar bahwa vaksinasi  aman dan sangat penting mengikuti vaksinasi sehingga segera ikut antre vaksinasi. Namun, karena tidak pada jam layanan sesuai undangan, calon penerima vaksin tersebut dijadwalkan ulang untuk menerima vaksinasi.

"Saat ini, antusiasme masyarakat untuk ikut vaksinasi sangat tinggi. Banyak yang datang, meskipun belum mendaftar," ujar Heroe.

Mereka mengira bisa langsung ikut vaksinasi walaupun belum mendaftar. Padahal, masyarakat harus mendaftar dahulu di Pusdatin sebelum menerima vaksin.

"Setelah itu, tempat layanan dan jadwal layanan bisa dilihat di corona.jogjakota.go.id," ujar dia.

Selanjutnya, masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi akan di layanan melalui Puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat, mulai Senin besok (8/3). Para penerima vaksin akan disebar ke sejumlah faskes agar layanan yang ada agar proses vaksinasi bisa lancar serta tidak terjadi antrian dan kerumunan.

Heroe menyampaikan, masyarakat yang sudah mendapat undangan dari Dinkes Kota Yogyakarta dapat membawa KTP atau kartu identitas pedagang saat hendak mengikuti vaksinasi. Sementara itu, masyarakat yang belum dapat undangan diharap sabar menunggu undangannya agar tidak ada antrean panjang dan terjadi kerumunan.

baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Riau Bertambah 68 Orang

Mulai Senin 8 Maret, Pemkot Yogyakarta melanjutkan program vaksinasi dengan sasaran lansia. 

"Saat ini lansia yang sudah mendaftar sebanyak 12.000, dari 46.000 lansia yang ada di Kota Yogyakarta,"  jelas dia.

Para lansia akan dilayani di 10 Rumah Sakit (RS) dan 2 Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA), dengan kuota 100 orang/RS/hari, dan 50 orang/hari/RSKIA. Dalam waktu 10 hari ke depan, para lansia yang sudah terdaftar tersebut diharapkan bisa mendapat vaksinasi.(OL-3)
 

Baca Juga

DOK MI

Calon Kades Di Garut Wajib Jalani Tes Narkotika

👤Kristiadi 🕔Kamis 15 April 2021, 01:34 WIB
BADAN Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut, Jawa Barat melakukan tes urine kepada para bakal calon kepala desa. Ditargetkan tes...
Dok Media Indonesia

Permintaan Ikan Air Tawar dari Danau Maninjau Meningkat 5 Ton

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 23:48 WIB
Ikan jenis nila dan mas itu dipasarkan ke pasar tradisional di Sumbar, Jambi, Riau dan...
Antara

TWC Gelar Vaksinasi bagi Pelaku Wisata di Candi Borobudur

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:45 WIB
"Harapannya nanti siap untuk menyambut datangnya wisatawan serta ikut menciptakan ekosistem wisata yang aman dan nyaman untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya