Selasa 02 Maret 2021, 20:48 WIB

Gunakan Bom Ikan, Enam Nelayan Alor Diciduk Polisi

Palce Amalo | Nusantara
Gunakan Bom Ikan, Enam Nelayan Alor Diciduk Polisi

DOK MI
Ilustrasi penggunaan bom ikan

 

DIREKTORAT Polisi Air Polda Nusa Tenggara Timur menangkap enam nelayan karena menangkap ikan menggunakan bahan peledak. Enam nelayan asal Pulau Buaya, Kabupaten Alor itu  ditangkap di Perairan Sagu, Kabupaten Flores Timur dan dibawa ke Polisi Air Polda NTT, Selasa (2/3).

Kabid Humas Polda NTT Kombes Rishian Krisna Budhiaswanto mengatakan polisi juga menyita perahu dan alat bukti bahan peledak. "Petugas mengamankan barang bukti satu bom botol bir aktif, ikan sembilan ekor, kompresor, empat buah box fiber, selang kompresor satu set, dayung dua buah, kaca mata selam empat buah, sarung tangan empat buah, jaring pengangkut ikan satu buah, dan panah ikan satu buah," ungkap Krisna.

Menurutnya, polisi menerima laporan dari masyarakat yang melihat aktivitas nelayan tersebut. Para nelayan menurunkan jangkar di perairan Sagu kemudian menurunkan ikan. Setelah diperiksa, polisi menemukan barang bukti bahan peledak siap pakai tersebut.

"Saat ini, barang bukti bahan peledak dan keenam orang nelayan telah diamanakan oleh penyidik Ditpolair Polda NTT untuk diproses sesuai hukum yang berlaku," katanya.

Dari keenam nelayan, polisi menetapkan seorang diantaranya, Sabar Kapitang, 36, sebagai tersangka. Ia disangkakan menguasai, menyimpan dan menyembunyikan bahan peletak seperti diatur dalam pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang senjata api dan bahan peletak dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara dan semumur hidup atau hukuman mati. (OL-15)

 

Baca Juga

Dok FKDB

Panen Raya Jagung Hibrida di Lahan Binaan FKDB

👤Media Indonesia 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:15 WIB
LAHAN uji coba untuk penanaman jagung hibrida di Air Molek 1, Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau mulai...
ANTARA

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kecelakaan Maut Karawang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:52 WIB
Pihak kepolisian kini masih mencari penyebab kecelakaan itu sehingga penyelidikan data dan teknis masih diperlukan untuk bisa mengungkap...
DOK MI

KM Sirimau Kandas di Wilayah Laut Lembata

👤Alexander Taum 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:37 WIB
KM Sirimau yang sedang berlayar dari Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Selasa (17/5) kandas di pulau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya