Selasa 02 Maret 2021, 18:11 WIB

Ribuan Balita Di Temanggung Alami Stunting

Tosiani | Nusantara
Ribuan Balita Di Temanggung Alami Stunting

DOK MI
Ilustrasi

 

DINAS Kesehatan Kabupaten (DKK) Temanggung, Jawa Tengah mencatat saat ini terdapat 7.143 balita di wilayah tersebut yang mengalami stunting. Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, Khabib Mualim mengatakan dari total 7.143 kasus stunting tersebut, angka kasus tertinggi yakni 384 kasus terdapat di Kecamatan Gemawang.

"Selain upaya pencegahan, sangat penting untuk menyembuhkan balita yang sudah terkena stunting. Caranya dengan memberikan nutrisi dan gizi maksimal dan seimbang," katanya, Selasa (2/3).

Menurut Khabib, faktor penting untuk mencegah terjadinya stunting adalah menjaga nutrisi makanan ibu hamil. Upaya lainnya menjaga pola makan ibu hamil dan anak, serta meperhatikan asupan gizi makanannya.  Serta perhatian dari para orang tua dan pemberian asi ekslusif selama enam bulan. Hal ini mesti diupayakan dalam 1000 hari sejak anak dalam kandungan hingga dua tahun setelah dilahirkan.

"Anak diasuh oleh orang tua dengan anak diasuh orang lain akan berbeda. Jadi perhatian orang tua tentu penting. Tapi perlu juga diperhatikan asupan gizi, lingkungan, dan kesehatan mulut agar makanan bisa dicerna maksimal," katanya.

Pengentasan angka stunting, kata Khabib, tidak bisa dilakukan hanya oleh tim medis. Kesadaran dan pengetahuan masyarakat perlu ditumbuhkan untuk membantu penyediaan pangan yang kaya gizi dan protein. Sebab, jika terlambat penanganan dalam waktu 1.000 hari, anak yang mengalami stunting akan sulit disembuhkan.

"Pengetahuan dan pendampingan dari kader kesehatan, bisa menghindarkan terjadinya ibu hamil dalam kondisi Kekurangan Energi Kronik (KEK). Perlu rutin memeriksakan kandungan minimal empat kali, dan rutin ke Posyandu," katanya. (OL-15)

 

Baca Juga

DOK MI

Kasus Positif dan Sembuh Covid-19 di DIY Hampir Sama

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 14 April 2021, 07:51 WIB
Penambahan kasus posiif covid-19 di Daerah Istmewa Yogyakarta sebanyak 232 kasus setara dengan jumlah kasus...
MI/Alexander P Taum

Mentan Gandeng Keuskupan Larantuka Bantu Korban Banjir NTT

👤Alexander P Taum 🕔Rabu 14 April 2021, 07:38 WIB
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi para korban banjir bandang di NTT melalui Keuskupan...
MI/Djoko Sardjono

PPKM Mikro di Klaten, Kasus Covid-19 Tidak Turun

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 14 April 2021, 06:57 WIB
Saat ini, Klaten zona oranye penyebaran covid-19. Meski sudah dijalankan PPKM Mikro, kasus covid-19 terus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya