Kamis 25 Februari 2021, 02:50 WIB

Jatah Vaksin Covid untuk Lansia dan Pelayan Publik Sumut Tiba

Yoseph Pencawan | Nusantara
Jatah Vaksin Covid untuk Lansia dan Pelayan Publik Sumut Tiba

dok.medcom
Ilustrasi vaksin covid-19

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara telah menerima pengiriman vaksin Covid-19 tahap kedua yang diperuntukkan bagi para petugas publik dan kalangan lanjut usia.

Adapun para petugas publik yang dimaksud adalah mereka yang dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari banyak berinteraksi dengan masyarakat atau orang banyak.

Seperti TNI/Polri, DPRD, ASN, pegawai bank, pelaku pasar hingga jurnalis. Sedangkan kalangan lansia adalah mereka yang sudah berusia 60 tahun ke atas.

"Vaksin yang kita terima jumlahnya 23.772 vial. Satu vial berisi 10 dosis, sehingga total ada 237.720 dosis," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, Rabu (24/2).

Alwi menjelaskan, ini merupakan vaksin tahap kedua yang dikirim pusat. Serupa dengan vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes), untuk bisa mendapatkan vaksin partisipan perlu mendaftar terlebih dahulu, baik secara pribadi maupun oleh perusahaan.

Namun untuk perusahaan atau kolektif harus mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. Sedangkan untuk lansia bisa menggunakan aplikasi ponsel pintar Peduli Lindungi atau juga website pedulilindungi.id.

"Banyak pintu masuk untuk bisa mengakses pendaftaran vaksinasi tahap kedua ini," kata Alwi.

Bila menggunakan aplikasi, partisipan akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan setelah registrasi berhasil. Pemberitahuan tersebut adalah mengenai jadwal dan lokasi pemberian vaksin.

Adapun pengiriman vaksin ini, lanjut Alwi, merupakan pengiriman kelima dari Kementerian Kesehatan. Sampai dengan saat ini Sumut telah menerima sekitar 385.400 dosis.

Lebih lanjut Alwi menerangkan, proses vaksinasi untuk petugas publik dan lansia akan dilakukan pada awal Maret. Sementara proses vaksinasi tahap pertama untuk nakes sudah berjalan 80% dan masih terus berlanjut.

Koordinator Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Irman Oemar meminta masyarakat menyukseskan program vaksinasi. Hal itu karena vaksinasi merupakan salah satu bentuk perlawanan terhadap Covid-19, selain penerapan protokol kesehatan.

"Kita tentu ingin kehidupan bisa kembali normal. Anak-anak kembali bersekolah, perkantoran berjalan normal, usaha juga. Jadi, mari kita dukung program vaksinasi ini," pungkasnya.(OL-13)

 

Baca Juga

Ist

Kabupaten Paser, Kaltim Memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 13:11 WIB
Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Kideco terus berupaya mendukung berbagai kebijakan pemerintah Indonesia yang berkaitan...
MI/Yose Hendra

Balimau di Masjid, Tradisi Silaturahim Ramadan di Agam

👤Yose Hendra 🕔Senin 12 April 2021, 11:52 WIB
Masyarakat Nagari Kampuang Pinang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, gelar balimau dengan cara menjalin silaturahmi di masjid...
MI/Dok Humas Riau

Pariwisata Riau Kembali Bangkit

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Senin 12 April 2021, 11:38 WIB
Setelah terpuruk akibat covid-19, Pemprov Riau membangkitkan lagi sektor pariwisata  dengan meluncurkan Calendar of Event (CoE)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya