Senin 22 Februari 2021, 20:57 WIB

Pemprov Jatim Tarik Dana Hibah Rp9 miliar Museum SBY

Faishol Taselan | Nusantara
Pemprov Jatim Tarik Dana Hibah Rp9 miliar Museum SBY

Dok.Rumgapres
Grounbreaking pembangunan museum SBY-Ani Yudhoyono, di Pacitan, Jawa Timur, 22 Februari 2020.

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur akhirnya menarik dana hibah sebesar Rp9 miliar untuk museum presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan. Dana itu, kini masih berada di Pemkab Pacitan.

"Kalau memang tidak dipakai, dan belum menyelesaikan adminintrasi maka dana akan ditarik ke pemprov," kata Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono di Surabaya, Senin (22/2).

Pihak Pemprov Jatim telah berkirim surat ke Pemkab Pacitan No:910/3050/ 201.2/2021, tentang penarikan kembali bantuan keuangan khusus Kabupaten Pacitan pada perubahan APBD Provinsi Jawa Timur tahun Anggaran 2020.

Dalam surat disebutkan, jika tidak dipergunakan sesuai keperuntukan maka akan ditarik. "Namun, jika nantinya secara adminitrasi memenuhi syarat baru akan dikembalikan lagi," katanya.

Baca Juga: Museum SBY-Ani Yudhoyono Dibangun di Pacitan

Heru mengakui bahwa dana hibah tersebut merupakan Bantuan Keuangan (BK) P-APBD Tahun 2020. Namun, setelah sekian lama diberikan ternyata tidak dimanfaatkan. Keperuntukan untuk pembangunan, tapi sampai sekarang belum dilaksanakan, dan anggaran juga masih utuh. "Langkah yang kami lakukan menarik dana itu kembali ke Pemprov Jatim," ujarnya.

Ditanya bahwa dana itu untuk Museum SBY, Heri dengan tegas mengatakan bahwa dana hibah tidak khusus untuk itu, namun diberikan ke Pemkab Pacitan. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya penggunaan dana tersebut ke Pemkab Pacitan. Pemprov hanya memberikan syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi. Jika tidak memenuhi syarat yang sudah ditetapkan Pemprov Jatim maka dana akan diarik kembali.

"Jadi, sampai sekarang dana masih utuh, belum terpakai sama sekali," ujarnya.(OL-13)

 

Baca Juga

MI/Alexander PT

Ahli Apraisal Taksir Kerugian Skandal Mafia Tanah di Desa Merdeka

👤Alexander P. Taum 🕔Jumat 05 Maret 2021, 19:52 WIB
TIM Penyidik Kejaksaan Negeri Lembata, Nussa Tenggara Timur, secara marathon melakukan serangkaian penyelidikan atas kasus dugaan mafia...
  ANTARA/Arif Firmansyah

Pemprov Jawa Barat Dorong BUM-Des Miliki Bisnis Pertashop

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 05 Maret 2021, 18:50 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Barat menginginkan desa dan masyarakatnya tidak menjadi objek. Mereka harus menjadi pelaku ekonomi di desa,...
dok.123rf

Kini, Semua Desa di Kecamatan Agrabinta jadi Zona Hijau

👤Benny Bastiandy 🕔Jumat 05 Maret 2021, 17:55 WIB
PEMBERLAKUAN pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berjalan cukup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya