Jumat 19 Februari 2021, 08:15 WIB

KPU Banyuwangi Tetapkan Ipuk Fiestiandani Bupati Terpilih

Usman Afandi | Nusantara
KPU Banyuwangi Tetapkan Ipuk Fiestiandani Bupati Terpilih

MI.
Ilustrasi.

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, resmi menetapkan pasangan calon nomor urut 2 Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan H Sugirah sebagai calon Bupati Banyuwangi terpilih tahun 2020. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan KPU Banyuwangi Nomor 15/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/II/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020.

Sebelumnya, pasangan nomor urut 1 Yusuf Widiyatmoko dan Gus Riza Azizy menggugat hasil pemilihan kepala daerah (Pemilu Kada) Banyuwangi ke Mahkamah Konstitusi (MK), sehingga proses penetapan tersebut harus tertunda. Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini menjelaskan penetapan pasangan calon terpilih tersebut karena MK menolak gugatan yang dilayangkan oleh
kuasa hukum paslon nomor urut 1 Yusuf-Riza.

"Hari ini Kamis, 18 Februari 2021 kita melaksanakan tugas terakhir, yakni penetapan pasangan calon terpilih bupati dan wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020. Ini Sesuai dengan keputusan MK kemarin tanggal 15 Februari gugatan (paslon 1) MK ditolak. Kita hari ini bisa melaksanakan penetapan," ujar Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini usai pleno penetapan di Hotel Santika, Kamis (18/2).

Dengan telah penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, tahapan Pilkada Banyuwangi 2020 telah selesai. "Jadi, tahapan kami (KPU) sudah selesai. Tugas kami hanya sampai mengawal pada saat penetapan saja," kata Dwi.

Pihaknya sudah menyerahkan Surat Keputusan (SK) KPU tentang penetapan calon terpilih, berita acara penetapan, dan berkas-berkas lain yang dibutuhkan untuk proses pelantikan oleh DPRD Banyuwangi untuk ditindaklanjuti. "Dari KPU kami sudah menyerahkan SK dan BA kepada paslon dan DPRD Banyuwangi. Pelantikan itu menjadi ranah dari DPRD Banyuwangi dan Pemprov," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, dalam pemilihan kepala daerah Banyuwangi, pasangan nomor urut 1 Yusuf Widyatmoko-M Riza Aziziy diusung oleh PKB, Golkar, PKS, dan Demokrat. Pasangan ini memperoleh suara sebanyak 398.113 atau 47,57%.

Pasangan nomor urut 2 Ipuk-Sugirah diusung oleh partai koalisi PDIP, PPP, NasDem, Hanura, dan Gerindra dengan perolehan suara sebanyak 438.847 atau sebanyak 52,43%. Dari hasil tersebut, pasangan nomor urut 2 unggul sebanyak 4,86% dalam perolehan suara.

Bupati Banyuwangi terpilih Ipuk Fiestiandani Azwar Anas saat ditanya wartawan, dirinya mengaku lega telah ditetapkan sebagai bupati terpilih. Dia mengaku tidak menyangka akan ada proses tambahan lagi dalam pilkada ini, yakni proses gugatan di MK.

Kendati demikian, kata dia, hal ini memang proses yang harus dilalui. Dia juga berharap semuanya bisa berjalan lancar dan berakhir dengan bahagia tanpa ada perpecahan, karena tantangan ke depan sangatlah berat.

Sambil menunggu pelantikan dirinya, ungkap Ipuk, pihaknya akan bersilaturahmi dan belajar dari beberapa bupati lain, terutama pemimpin perempuan yang sudah sukses menjadi kepala daerah. Dirinya juga akan terus menggali potensi yang ada di Banyuwangi dan berinovasi. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Seno

Pasien Luka Bakar Erupsi Gunung Semeru Perlu Ditangani Dokter Khusus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 05:15 WIB
"Luka bakar serius seperti luka bakar derajat tiga dengan area luka yang luas, membutuhkan rawat inap di rumah sakit dan kadang dokter...
AFP/Juni Kriswanto

Korban Tewas Erupsi Gunung Semeru Bertambah Jadi 22 Orang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 04:45 WIB
"Rincian korban meninggal dunia teridentifikasi 14 orang di Kecamatan Pronojiwo, sedangkan delapan orang di Kecamatan...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Salurkan Donasi untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 Desember 2021, 23:54 WIB
Sahabat Ganjar menyalurkan sejumlah bantuan yang berupa, makanan siap saji, air mineral, selimut, masker, karpet, vitamin, pembalut,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya