Rabu 17 Februari 2021, 14:01 WIB

Buaya Memicu Kecemasan Warga di Bantaran Sungai Kotawaringin Timur

mediaindonesia.com | Nusantara
Buaya Memicu Kecemasan Warga di Bantaran Sungai Kotawaringin Timur

ANTARA/Tangkapan layar rekaman video warga
Buaya muncul di dekat bantaran sungai di Desa Bangkuang Makmur, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotawaringin Timur, Rabu (17/2).

 

BUAYA sering mendekati permukiman warga di bantaran sungai di Desa Bangkuang Makmur, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, dan memicu kecemasan warga.

Kepala Desa Bangkuang Makmur Fitriannur mengatakan bahwa pada Rabu pagi buaya juga muncul di dekat bantaran sungai dan menimbulkan kekhawatiran pada warga yang biasa beraktivitas di kawasan sungai.

"Kejadiannya pagi tadi. Buayanya cukup besar. Sebenarnya sudah sering buaya muncul, cuma baru kali ini sempat terekam video, makanya banyak warga yang tahu. Ini memang menjadi perhatian kami karena rawan bagi keselamatan warga," katanya di Sampit, Rabu (17/2).

Pemerintah desa mengimbau warga yang tinggal di daerah bantaran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di kawasan sungai.

Fitriannur juga mengingatkan warga agar tidak membuang sampah rumah tangga dan bangkai binatang ternak ke sungai karena bisa memancing kedatangan buaya lapar yang sedang mencari mangsa.

"Hari ini kami memasang papan peringatan di sejumlah lokasi, khususnya di tempat kemunculan buaya tadi pagi. Kami mengimbau warga untuk lebih berhati-hati," katanya.

Komandan Jaga Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah Pos Sampit Muriansyah sudah menerima informasi mengenai kemunculan buaya di dekat bantaran sungai dan akan meninjau lokasi kemunculan buaya.

Muriansyah mengatakan bahwa video rekaman warga yang beredar menunjukkan buaya itu sedang menghempaskan bangkai binatang untuk dimakan. 

"Mudah-mudahan bangkai binatang yang dimakan buaya itu tadi bukan diberi warga. Kalau bangkai itu justru sengaja diberi atau dapat di lokasi tersebut, maka buaya akan sering datang ke lokasi tersebut," kata Muriansyah. (Ant/Ol-09)

Baca Juga

DOK MI

Kasus Covid-19 Naik, Pemkot Bandung Terapkan WFH 25%

👤Naviandri 🕔Kamis 27 Januari 2022, 18:43 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat sejak 24 Januari 2022 resmi menerapkan work from home (WFH) sebesar 25...
DOK MI

Petani Sawit di Riau Tewas Diserang Gajah Liar

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Kamis 27 Januari 2022, 18:36 WIB
KONFLIK antara manusia dengan gajah akibat makin kecilnya habitat hidup hewan liar itu di Riau menelan...
DOK MI

Berkas Lengkap, Sidang Alex Noerdin Menunggu Jadwal

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 27 Januari 2022, 18:27 WIB
Berkas perkara kasus dugaan korupsi dengan tersangka mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin telah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya