Selasa 16 Februari 2021, 02:00 WIB

PPKM Mikro Efektif Tekan Kasus Covid-19 di Kabupaten Sukabumi

Benny Bastiandy | Nusantara
PPKM Mikro Efektif Tekan Kasus Covid-19 di Kabupaten Sukabumi

ANTARA
Ilustrasi PPKM

 

BERBAGAI strategi dilakukan pemerintah mengendalikan penyebaran covid 19. Satu di antaranya penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro.

Di Kabupaten Sukabumi, PPKM skala mikro dilakukan tiga tahap pada Januari-Februari. Pelaksanaannya dipusatkan di 85 desa tersebar di 29 kecamatan.

"Upaya ini (PPKM) skala mikro tentu tujuannya untuk menekan laju penyebaran covid-19. Penanganannya lebih fokus ke populasi terkecil di tingkat desa hingga ke RT dan RW," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Bambang Dwi Laksono, Senin (15/2).

Sejauh ini, lanjut Bambang, masyarakat di wilayah perdesaan notabene banyak yang terpapar covid-19. Hasil evaluasi, pelaksanaan PPKM mikro berbasis di tiap desa cukup efektif menekan penyebaran virus korona.

"Kami juga melibatkan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) desa yang merupakan kepanjangan tangan dari Satpol PP," ucap Bambang yang juga Koordinator Bidang Penegakan dan Pendisplinan Protokol Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi.

Namun kapasitasnya hanya bertanggung jawab melakukan supervisi dan pemantauan terhadap pelaksanaan PPKM mikro bersama tim Satgas Penanganan Covid-19. Pelaksanaan PPKM mikro sendiri berlaku selama 14 hari.

Petugas pelaksana PPKM mikro itu memberikan edukasi dan membagikan alat pelindung diri kepada masyarakat yang sedang berkegiatan di luar rumah.

"Pelaksana dan pencatat jumlah pelanggar PPKM mikro diserahkan ke masing-masing kecamatan. Jadi, kita belum menerima jumlah pelanggar PPKM tahap III ini," ungkapnya.

Namun, kata Bambang, selama pelaksanaan PPKM tahap I hingga III, jumlah pelanggar protokol kesehatan semakin menurun. Kondisi itu lantaran masyarakat sudah mulai mematuhi prokes dengan cara memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

"Penerapan protokol kesehatan sekarang sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Mudah-mudahan pandemi covid-19 segera berakhir di Kabupaten Sukabumi," tandasnya. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Fransisco Carolio

Titik Api Bertambah 10 Kali Lipat, Sumut Siaga Karhutla

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:25 WIB
Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami karhutla karena memiliki 3,7 juta ha lahan hutan dan 261 ha lahan...
MI/Kristiadi

Komunitas Mak Ganjar Garut Berdoa Memohon Kemajuan Bangsa

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:28 WIB
RATUSAN Ibu-Ibu bergabung ke dalam komunitas relawan Mak Ganjar untuk mengikuti acara Zikir dan Do'a Bersama untuk Kemajuan Bangsa di...
dok.ist

Perempuan Milenial Sumsel Ajak Pilih Figur yang Terbukti Memajukan Perempuan

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:15 WIB
UPAYA konsolidasi dukungan untuk Ganjar Pranowo ini digelar dalam acara  healty fun day di Gedung Graha Bandara Insani, Talang Jambe,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya