Senin 15 Februari 2021, 22:59 WIB

Pemkab Kaimana Daftarkan 4.158 Pekerja Informal Jadi Anggota BPJS

Martinus Solo | Nusantara
Pemkab Kaimana Daftarkan 4.158 Pekerja Informal Jadi Anggota BPJS

MI/Martinus Solo
Koordinator Tangan Kasih, Kabupaten Kaimana, Hestin Atas Asih.

 

SEBANYAK 4.158 orang penerima bantuan tangan kasih tahap dua di Kaimana, Papua Barat, juga didaftarkan sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) selama setahun.

Penerima bantuan tangan kasih tahap dua ini bukan hanya terdaftar sebagai anggota BPJamsostek, tetapi juga telah dilunasi iurannya selama satu tahun melalui program tangan kasih.

''Seluruh penerima bantuan tangan kasih tahap dua, telah kami daftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan. Kalau pekerja informalkan sangat bermanfaat, misalnya tukang ojek dan buruh bangunan. Selama satu tahun (iuran) sudah dibayarkan melalui program tangan kasih,'' jelas Koordinator Program Tangan Kasih Kabupaten Kaimana, Hestin Atas Asih, kepada wartawan di Kantor Pemkab Kaimana, Papua Barat, Senin (15/2).

Iuran BPJS ketenagakerjaan per bulan sebesar Rp16.000 juga telah dibayarkan selama satu tahun, melalui program tangan kasih. Peserta BPJS ketenagakerjaan yang ingin melanjutkan, pembayaran iuran bulanannya dilakukan secara mandiri.

''Expirenya selama satu tahun. Selanjutnya bisa dilanjutkan pembayaran oleh pemegang kartu selaku peserta BPJS ketenagakerjaan. Manfaatnya kan banyak, tapi untuk kartu ini kita daftarkan manfaatnya hanya dua yakni, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian,'' ujarnya.

Ketika ditanya tentang cara claim BPJS ketenagakerjaan, oleh peserta ketika mengalami kecelakaan kerja. Menurut istri dari Mudasir Bogra anggota DPR Otsus Papua Barat ini, pihaknya sangat membutuhkan informasi dari peserta BPJS ketenagakerjaan ketika mengalami kecelakaan saat kerja.

''Dari pihak keluarga segera menginformasikan jika ada pemegang kartu, mengalami kecelakaan kerja. Bisa di claim dari pihak keluarga,'' jelasnya.

Diketahui penerima bantuan tangan kasih Tahap II, kartu BPJS Ketenagakerjaannya telah ada di kantor DPM PTSP Kaimana. Setiap peserta bisa mengambilnya dan tidak dibenarkan untuk diwakilkan. (MS/OL-10)

Baca Juga

DOK MI

Babel Fokus Tangani Stunting di Tiga Kabupaten

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 13 April 2021, 19:13 WIB
PEMERINTAH Provinsi Bangka Belitung (Babel) terus berupaya menurunkan  angka stunting khususnya di tiga kabupaten yaitu Bangka Selatan...
innovativegenomics.org

Libur Panjang, Pasien Covid-19 di Cianjur Meningkat

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 18:45 WIB
Angka penularan terlihat bertambah dari jumlah pasien di ruang isolasi RSUD Cianjur yang sebelumnya tinggal puluhan orang menjadi 175...
Humas Pemkab Tuban

Pemkab Tuban Minta Pusat Percepat Proyek Pengendali Banjir

👤M Yakub 🕔Selasa 13 April 2021, 18:37 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Tuban, Jawa Timur meminta Pemerintah Pusat melakukan percepatan pelaksanaan sejumlah proyek pengendali banjir di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya