Jumat 29 Januari 2021, 16:33 WIB

Kota Cirebon Cari Solusi Tangani banjir

Nurul Hidayah | Nusantara
Kota Cirebon Cari Solusi Tangani banjir

DOK MI
Ilustrasi banjir

 

BERBAGAI keterbatasan membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat mengalami kendaali mengatasi banjir. Koordinasi dengan banyak pihak dibutuhkan untuk atasi banjir di Kota Cirebon.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, Jumat (29/1) menjelaskan sejumlah titik di Kota Cirebon selama ini menjadi langganan banjir. Salah satunya di ruas Jalan Ciptomangunkusumo.

Dijelaskan Eti, banyak faktor yang menjadi penyebab salah satu ruas jalan protokol di Kota Cirebon tersebut menjadi langganan banjir. Mulai dari penyempitan saluran air hingga kondisi sungai yang ada di belakang salah satu pusat perbelanjaan modern di ruas jalan tersebut yang tingkat sedimentasinya  sudah tinggi.

"Karenanya saat hujan dengan intensitas lebat turun, air tidak tertampung ke sungai dan drainase hingga akhirnya meluap ke jalan raya," jelasnya

Selain di ruas Jalan Ciptomangunkusumo, banjir juga kerap terjadi di Karanganom, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Kondisi permukiman yang lebih rendah dibandingkan jalan membuat rumah warga kerap tergenang banjir saat hujan dengan intensitas tinggi turun.

Sebenarnya, lanjut Eti, untuk mengatasi banjir di Karanganom bisa dilakukan dengan membuat sodetan hingga air yang menggenangi rumah warga bisa dibuang ke sungai terdekat.

"Namun kita menemukan kendala. Untuk membuat sodetan harus melalui jalan raya, sedangkan jalan tersebut milik provinsi. Sehingga Pemkot harus terlebih dahulu melakukan komunikasi dengan pihak provinsi untuk pembuatan sodetan. Solusi mengatasi banjir di Karanganom hanya dengan pembuatan sodetan," ungkap Eti.

Pihaknya, lanjut Eti, akan berupaya untuk mencari solusi dari  permasalahan banjir yang melanda Kota Cirebon setiap musim penghujan  tiba. "Tapi banyak faktor yang harus kita fikirkan," ungkap Eti. (OL-15)

Baca Juga

MI/ HO

Dorong Ekspor, Bupati Tambrauw Bangun Infrastruktur Perikanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 13:16 WIB
Infrastruktur ini berupa cold storage, air blast dan pabrik es, yang dibangun di Distrik Sausapor dan...
dok.ist

Sahabat Lamongan Optimis Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024

👤mediandonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:40 WIB
RATUSAN relawan Sahabat Sandi memberikan dukungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada pilpres...
Dok.Pemprov Sumbar

Gandeng Kemendagri dan ESQ, Pemprov Sumbar Luncurkan ASN BerAKHLAK

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:05 WIB
Ia berharap launching core values ini tidak hanya sampai di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya