Kamis 28 Januari 2021, 13:03 WIB

Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di DIY Capai 58,48 persen

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di DIY Capai  58,48 persen

MI/Ardi Teristi Hardi
Gubernur DIY Sri Sultan HB X

 

GUBERNUR DIY, Sri Sultan HB X menyampaikan sebanyak 12.858 orang di DIY atau 58,48 persen dari target telah mengikuti vaksinasi Covid-19 pada tahap  pertama. Vaksinasi dilakukan oleh 367 tenaga medis.

Tenaga kesehatan yang divaksin terus bertambah. Selain itu, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kementrian Kesehatan juga terus mengadakan pelatihan cara vaksinasi terhadap tenaga kesehatan hingga Maret  2021 agar jumlah vaksinator terus bertambah.

"Proses vaksinasi untuk tenaga kesehatan diharapkan akan secara keseluruhan pada akhir Februari 2021," terang Sri Sultan saat vaksinasi tahap kedua terhadap 15 tokoh di DIY, Kamis(28/1), di Komplek Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Kamis (28/1).

Sri Sultan menyampaikan, para penerima vaksinasi tetap sehat dan tiada hal yang mencemaskan. Kekebalan diharapkan dapat terbentuk setelah dua minggu  pemberian vaksin. Tokoh di DIY yang menerima vaksin tahap kedua, antara lain, Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X dan Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji. Sri Sultan kembali menegaskan, Pemda DIY tidak akan memberi sanksi kepada masyarakat yang tidak mau divaksin. Namun, ia yakin, masyarakat DIY mau mengikuti vaksinasi.

"Saya yakin, seluruh lapisan masyarakat DIY pada gilirannya nanti dengan penuh kesadaran akan siap untuk divaksinasi," terang Sultan. 

baca juga: Gubernur Bali dan Kapolda Bali Divaksin untuk Kedua Kalinya

Sultan menegaskan cara ini dilakukan agar masyarakat DIY bisa menjadi subjek dalam menangkal penyebaran Covid-19. Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kemenkes, Oscar Primadi menyampaikan,  vaksinasi merupakan langkah yang sangat strategis sebagai upaya  mengendalikan penyebaran Covid-19. 

"Vaksinasi merupakan bagian penting dari upaya kita membentuk kekebalan kelompok, yang kita kenal herd immunity," terang dia. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA/RAISAN AL FARISI

3 Bendungan Baru di Jatim Ditargekan Rampung Tahun Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 11:15 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menututkan, potensi air di Indonesia cukup tinggi sebesar 2,7 triliun...
Mediaindonesia.com

Polres Klaten Tangkap Pelaku Penculikan Anak

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 10:00 WIB
Pelaku berhasil ditangkap di rumah kontrakannya, Rabu (24/2) malam. Korban pun dapat...
ANTARA

Sejumlah Pejabat Pemprov Kaget Dengar Gubernur Sulsel Kena OTT KPK

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 09:15 WIB
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel Andi Darmawan Bintang menyampaikan hal yang sama bahwa dirinya sangat kaget dan tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya