Senin 18 Januari 2021, 11:01 WIB

Arutmin Bantu Evakuasi Korban Banjir di Kalimantan Selatan

Denny Susanto | Nusantara
Arutmin Bantu Evakuasi Korban Banjir di Kalimantan Selatan

Dok Arutmin Indonesia
PT Arutmin Indonesia ikut membantu upaya evakuasi warga korban yang masih terjebak banjir di sejumlah wilayah, Senin (18/1/2021).

 

BENCANA banjir yang melanda 11 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan menyebabkan 244.516 jiwa terdampak bencana dan lebih dari 34 ribu warga terpaksa mengungsi. PT Arutmin Indonesia ikut membantu upaya evakuasi warga korban yang masih terjebak banjir di sejumlah wilayah.

Koordinator Arutmin Peduli Bencana, Edy Noorjayanto mengatakan saat ini Arutmin terus berupaya berikan bantuan kepada korban banjir yang masih terjebak di lokasi sulit dijangkau. 

"Kegiatan Arutmin Peduli Bencana dimulai pada 14 Januari 2021 dengan memberikan bantuan makanan siap saji. Hingga kemarin kita masih melakukan evakuasi dan berikan bantuan seperti sembako dan kebutuhan lainnya ke posko-posko bencana di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut," ungkapnya, Senin (18/1).

Selanjutnya Arutmin akan tetap berkoordinasi dengan posko-posko dan warga untuk penyaluran bantuan. Dikatakan Edy melalui Emergency Response Team (ERT) pihaknya langsung bergerak untuk mengevakuasi warga yang terisolir di Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut. Di wilayah ini akses jalan cukup sulit karena terkendala beberapa jembatan yang rusak, bantuan ke lokasi bencana menggunakan perahu karet.

Selain mengevakuasi warga, Arutmin juga memberikan bantuan untuk pemeriksaan kesehatan. Di sisi lain, Arutmin juga menerjunkan karyawan untuk memberikan bantuan langsung kepada warga terdampak banjir. Bantuan berupa makanan siap saji, sembako, air mineral, obat-obatan, alat penerangan, popok bayi serta pembalut wanita. Assesment juga dilakukan kepada warga  agar bantuan tepat sasaran.

baca juga: Presiden Akan Cek Kondisi Banjir di Kalsel Hari Ini

Hingga kini Arutmin telah menyalurkan bantuan ke Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru. Data BPBD Kalsel mencatat ada 74.640 keluarga atau 244.516 jiwa terdampak bencana banjir di 11 kabupaten/kota meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, Tabalong dan Tanah Laut. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/M yakub

Luapan Anak Sungai Bengawan Solo Banjiri Dua Kecamatan

👤M Yakub 🕔Rabu 03 Maret 2021, 22:55 WIB
LUAPAN Kali Ganggang dan Kali Pacal membuat genanganan air di dua kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jatim, Rabu...
MI/Surya Sriyanti

Polda Kalteng Siapkan 2.112 Personel Tanggulangi Karhutla

👤Surya Sriyanti 🕔Rabu 03 Maret 2021, 22:03 WIB
Kapolda juga berharap dengan terlaksananya rapat kordinasi seperti saat ini dapat menghasilkan langkah-langkah konkrit dalam mencegah...
MI/Gabriel Langga

Tularkan SAR ke Pramuka, Basarnas Maumere Bentuk Gudep Komodo

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 03 Maret 2021, 21:59 WIB
Dia menuturkan tujuan dari terbentuknya Gudep Komodo Basarnas maumere ini sebenarnya kita ingin membiasakan budaya safety sejak dini kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya