Senin 18 Januari 2021, 07:56 WIB

Presiden Akan Cek Kondisi Banjir di Kalsel Hari Ini

Nur Azizah | Nusantara
Presiden Akan Cek Kondisi Banjir di Kalsel Hari Ini

ANTARA FOTO/Bayu Pratama
Sejumlah relawan menggunakan perahu karet membantu evakuasi warga yang terdampak banjir di Desa Kampung Melayu, Kabupaten Banjar, Kalsel.

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mengunjungi Banjarbaru, Kalimantan Selatan hari ini, Senin (18/1). Jokowi direncanakan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pukul 10.00 WIB.

Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi akan melihat langsung kondisi Banjarbaru usai diterpa banjir pada Jumat (17/1). Kepala Negara akan meninjau sarana apa saja yang rusak.

"Sarana yang terkena dampak biar segera tindaklanjuti oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Heru kepada wartawan, Jakarta Pusat, Senin (18/1). 

Heru memastikan bantuan kemanusiaan dipastikan sampai ke korban banjir. Bantuan yang diberikan berupa perahu karet, makanan instan, popok bayi, selimut, pakaian, dan lainnya.

"Kebutuhan lain yang diperlukan warga Bapak Presiden akan memperhatikan," ungkap Heru.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo untuk mengatasi banjir di kawasan Provinsi Kalimantan Selatan. Ia juga menginstruksikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis untuk segera mengirim bantuan.

baca juga: Korban Banjir Kalimantan Selatan Terus Bertambah

"Saya juga sudah menelepon Gubernur Kalimantan Selatan (Sahbirin Noor) untuk mendapatkan laporan mengenai banjir yang ada di Kalimantan Selatan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (15/1). 

Selain itu, Jokowi akan terus memantau perkembangan bencana di Sumedang dan Majene, Sulawesi Barat. Pria kelahiran Solo ini ingin pemerintah daerah maupun pusat lekas hadir di tengah masyarakat dalam keadaan bencana. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA

Longsor di Majene, 1 Orang Tewas

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 00:55 WIB
Air yang datang dari atas gunung dan meluap ke selokan, kemudian air menggenangi pemukiman warga yang posisinya di atas tebing, kemudian...
MI/Dwi Apriani

Hutama Karya: Ruas Tol Indraprabu Selesai di Pertengahan 2022

👤Dwi Apriani 🕔Minggu 07 Maret 2021, 22:29 WIB
‘’Semuanya masih dalam proses pembebasan tanah. Setelah proses pembebasan lahan selesai, tentu kita langsung kejar proses...
MI/Bayu Anggoro

DPRD Dorong Laboratorium Kesehatan Jawa Barat Lebih Berdaya

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 07 Maret 2021, 21:40 WIB
Laboratorium kesehatan yang berdaya sangat memengaruhi derajat kesehatan warga. Untuk itu, Labkes Jawa Barat didorong memiliki peralatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya