Sabtu 19 Desember 2020, 16:33 WIB

Empat Petahana di NTT Ajukan Gugatan Ke MK

Palce Amalo | Nusantara
Empat Petahana di NTT Ajukan Gugatan Ke MK

DOK MI
Ilustrasi

 

EMPAT dari sembilan pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang kalah dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Keempatnya adalah Wilybrodus Lay-JT Ose Luan di Belu,  Agustinus Niga Dapawole-Gregorius DL Pandango di Sumba Barat, Stefanus  Bria Seran-Wendelinus Taolin di Malaka, dan Maria Geong-Silverius Sukur  di Kabupaten Manggarai Barat.

"Seluruh pasangan calon itu adalah petahana, mereka mempersoalkan penenetapan hasil pilkada oleh KPU," kata Komisioner KPU NTT Yosafat  Koli di Kupang, Sabtu (19/12).

Menurut Yosafat, tiga pasangan calon mengajukan gugatan pada 17 Desember, dan satu pasangan calon mengajukan gugatan pada 18 Desember.

Sesuai penetapan hasil pilkada di sembilan kabupaten yang menggelar pilkada di NTT, seluruh pasangan petahana kalah termasuk empat pasangan tersebut. Sedangkan lima pasangan lainnya yang kalah dalam perolehan suara, menerima hasil pilkada.

Di antaranya Paulus Soliwoa-Gregorius Upi Dheo yang kalah dalam pertarungan di Kabupaten Ngada mengatakan menerima hasil pilkada. "Pilkada sudah selesai dan sudah menghasilkan calon pemimpin,"  katanya.

Untuk itu, ia minta segala bentuk perbedaan yang terjadi selama pilkada sudah saatnya ditinggalkan. "Tinggalkan semua perbedaan, tidak ada yang kalah dan yang menang, yang menang adalah masyarakat," ujarnya.

Dia juga minta seluruh masyarakat saling bergandengan tangan membangun Kabupaten Ngada. "Pelaksanaan pilkada di Ngada ini aman, tentram, dan damai," kata Paulus Soliwoa. (R-1)

 

Baca Juga

MI/Ardi T Hardi

Kiat Sukses Petani Milenial Bertani Jahe Merah di Sruwen

👤Ardi T Hardi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 08:45 WIB
BAGI sebagian besar anak muda, menjadi petani bukanlah pilihan yang menarik. Namun, hal itu tidak berlaku bagi Eko Susilo (32...
dok.ant

Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku Ternak di Jateng Mereda

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 08:35 WIB
PENULARAN penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Tengah menurun dratis setelah digeber dengan vaksinasi...
DOK MI.

Polda Jateng: Kerangka Manusia di Tepi Sungai Berkelamin Laki-Laki

👤Mediaindonesia.co 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:02 WIB
Kepolisian mengidentifikasi temuan kerangka manusia di tepi Sungai Depok di Desa Pasigatan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya