Jumat 04 Desember 2020, 19:35 WIB

Tokoh Agama Diminta Ikut Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

Bayu Anggoro | Nusantara
Tokoh Agama Diminta Ikut Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

Antara/Akbar Nugroho Gumay
Kepala Staf Presiden Moeldoko

 

PARA tokoh agama diminta untuk membantu pemerintah dalam  mensosialisasikan vaksinasi Covid-19. Hal ini dirasa perlu karena masih adanya ketakutan dari masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Presiden Moeldoko saat memberikan keterang pers usai bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) di Bandung, Jumat (4/12). Sebelum bertemu Emil, pada hari yang sama Moeldoko menemui pengusaha dan KH Abdullah Gymnastiar untuk menyerap aspirasi terkait penanganan covid-19.

Moeldoko mengatakan, vaksinasi virus korona akan dilakukan dalam waktu dekat meski belum diketahui jadwal pastinya. Menurutnya, perlu berbagai antisipasi agar pelaksanaannya berjalan lancar. "Semua harus disiapkan dengan baik. Bagaimana mengimplementasikan vaksin kalau datang," katanya.

Sebagai contoh, menurutnya, tokoh agama harus dilibatkan dalam  sosialisasi vaksin. Bahkan, menurutnya mereka bisa saja menjadi model bagi masyarakat dalam pemberian vaksin. "Nanti bisa menjadi model saat vaksin pertama kali," katanya.

Dengan demikian, Moeldoko, optimistis masyarakat akan lebih yakin dalam mengikuti vaksinasi. "Ini bisa memberi keyakinan dan kepastian ke masyarakat tentang vaksin," katanya.

Dia mengakui, vaksinasi dilakukan bukan tanpa persoalan. Terlebih, menurutnya memerlukan waktu yang lama karena vaksinasi terhadap seorang warga bisa memakan waktu 45 menit. "Lama vaksin kurang lebih 45 menit, setelah disuntik harus nunggu 30 menit," katanya.

Jika tidak diantisipasi, dia menilai hal ini akan menimbulkan antrean  panjang sehingga mengancam masyarakat akibat tidak terpisah dari kerumunan. "Covid masih jadi ancaman, tidak bisa diabaikan. Kita dituntut bekerja lebih dan tak boleh menyerah," katanya.

Sedangkan Emil mengatakan, tokoh agama bisa menguatkan masyarakat agar tidak khawatir dengan vaksinasi covid-19. "Para tokoh masyarakat, ulama, bisa menguatkan keyakinan ke masyarakat. Bagus jika tokoh utama mengikuti vaksinasi," katanya. (R-1)

Baca Juga

DOK Basarnas

Sejumlah Partai Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa Majene

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 01:00 WIB
Bantuan serupa juga disalurkan Partai Nasdem dan PDI...
Antara/Adwit B Pramono

Sulut Wajibkan Tamu ke Kantor Gubernur Ikut Rapid Test Antigen

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 00:30 WIB
Kebijakan wajib tes cepat antigen bagi ASN/THL dan tamu ini dalam rangka mencegah penyebaran...
dok.mi

Sebut Bali Ramah LGBT, Kristen Gray Ditangkap Aparat

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:55 WIB
WNA dari AS bernama Kristen Gray ditangkap aparat Imigrasi Bali karena menyebarkan informasi bohong bahwa Bali ramah bagi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya