Rabu 02 Desember 2020, 19:07 WIB

Sejumlah Pengungsi Gunung Ile Lewotolok Pulang Urus Ternak

Palce Amalo | Nusantara
Sejumlah Pengungsi Gunung Ile Lewotolok Pulang Urus Ternak

ANTARA/Kornelis Kaha
Gunung Lewotolok, Nusa Tenggara Timur

 

SEJUMLAH pengungsi erupsi Gunung Ile Lewotolok yang menempati lokasi penampungan di Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengecek kondisi rumah mereka dan memberikan makan ternak.

Wakil Bupati Lembata Thomas Langoday mengatakan pengungsi yang pulang hanya laki-laki dewasa, sedangkan perempuan, anak-kanak dan lansia tetap tinggal di tempat penampungan. "Tadi saya memantau di tujuh titik penampuangan, di setiap titik ada yang sudah pulang, di satu penampungan 37 orang pulang,"  kata Thomas Langoday, Rabu (2/12).

Thomas berpesan kepada warga yang pulang, setelah memberi pakan ke ternak, mereka kembali lagi ke pengungsian. "Kami harapkan mereka  tidak tidur di rumah. Hal itu mengantisipasi abu vulanik yang keluar dari Ile Lewotolok mengenai perkampungan," tambahnya.

Sementara itu, warga yang tinggal di tenda pengungsian, menurut Thomas, dipindahkan ke aula di gedung terdekat lantaran pada Rabu (2/12), hujan deras mengguyur Lewoleba. Hujan mengakibatkan tempat penampungan terendam air sehingga warga harus  diungsikan lagi ke tempat yang aman.

Sejak Rabu (2/12) dini hari sampai pukul 17.00, Gunung Ile Lewotolok urupsi sebanyak tujuh kali dengan ketinggian abu vulkanik antara 500 sampai 700 meter di atas bibir kawah. Menurut Thomas, pemerintah daerah masih terus mengevakuasi warga untuk mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan. (R-1)

Baca Juga

MI/Ruta Suryana

Disiplin Prokes dan PPKM Malam Hari semakin Baik di Denpasar

👤Ruta Suryana 🕔Minggu 24 Januari 2021, 08:54 WIB
Selama pemantauan, ketaatan masyarakat dalam menerapkan prokes di wilayahnya semakin meningkat, meski masih ditemukan ada yang lupa memakai...
MI/Ruta Suryana

Tanah Longsor dan Pohon Tumbang masih Terjadi di Badung, Bali

👤Ruta Suryana 🕔Minggu 24 Januari 2021, 08:46 WIB
Longsor ini berdampak  pada jebolnya pondasi rumah toko (ruko) milik Made...
MI/Djoko Sardjono

Tahap Awal, 2.349 Nakes Klaten Prioritas Divaksinasi

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 24 Januari 2021, 08:41 WIB
Bupati Sri Mulyani bakal menjadi orang pertama yang divaksin. Hal ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa vaksin diperlukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya