Rabu 18 November 2020, 16:05 WIB

Banjir Bandang di Bahorok Langkat Seret Gelondongan Kayu

Yoseph Pancawan | Nusantara
Banjir Bandang di Bahorok Langkat Seret Gelondongan Kayu

Istimewa
Warga bergotong royong membersihkan pemukiman dari gelondongan kayu, di Kecamatan Bahorok, Langkat, yang dibawa banjir, Rabu (28/11/2020)

 

TERJANGAN banjir bandang telah memorak-porandakan lokasi wisata Landak River di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Rabu (18/11) dinihari.

Informasi yang dihimpun, terjangan banjir bandang berlangsung sekitar tiga jam, atau mulai Selasa (17/11) pukul 11.00 WIB sampai Rabu (18/11) pukul 02.00 WIB.

"Warung-warung di sepanjang sungai habis. Kejadiaannya sekitar jam 11 malam ke atas," ungkap Dameka Singarimbun, Camat Bahorok, saat dikonfirmasi, Rabu (18/11) siang.

Banjir bandang membawa serta aneka gelondongan kayu berukuran besar sehingga menambah daya rusak terhadap lingkungan yang dilaluinya.

Lokasi wisata Landak River menjadi salah satu wilayah yang dilalui banjir. Saat banjir berlangsung, gelondongan-gelondongan kayu menghantam dan merusak berbagai sarana dan bangunan yang ada di lokasi tersebut.

Dameka mengatakan, Landak River menjadi salah satu wilayah terdampak banjir yang paling parah. Lokasi wisata lain, seperti Batu Kapal dan Salang Pangeran, juga mengalami nasib serupa.

Humas Polres Langkat Aiptu Yasir Rahman menambahkan, banjir bandang juga mengakibatkan tanah longsor di Dusun VII, Perumahan Bukit Lawang.

Dameka mengungkapkan banjir bandang diakibatkan tingginya curah hujan di wilayahnya sepanjang tadi malam. Namun dia meyakini gelondongan-gelondongan kayu yang dibawa arus tidak mengindikasikan adanya aktivitas penebangan liar di kawasan hutan.

Menurutnya gelondongan kayu tersebut berasal dari pohon-pohon yang tumbang akibat longsor dan kemudian dibawa arus banjir. (OL-13)

Baca Juga: Inka Bakal Bangun Pabrik Kereta Api di Afrika

Baca Juga

AFP

Wow, Pemkab Aceh Barat Hadiahkan Umrah bagi Auditor Ungkap Korupsi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 02:30 WIB
"Bagi tenaga auditor yang bisa bekerja mengungkap kasus korupsi, tahun ini akan mendapatkan hadiah...
Ilustrasi

7 Nakes Positif, RS Soedono Setop Sementara Layanan Kebidanan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 02:15 WIB
Untuk sementara waktu, RS dr Soedono menghentikan layanan rujukan pasien bedah umum dan kebidanan sejak 15 Januari sampai 25...
Antaranews Kalsel/Sukarli

Tiga Truk Bantuan untuk Banjarmasin dari Palangkaraya

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 01:40 WIB
Bantuan kemanusiaan yang diantar langsung orang nomor satu di lingkungan pemerintahan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu terdiri atas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya