Selasa 20 Oktober 2020, 16:41 WIB

Banjir dan Tanah Longsor Ancam Wilayah Cilacap

Lilik Darmawan | Nusantara
Banjir dan Tanah Longsor Ancam Wilayah Cilacap

ANTARA
Ilustrasi

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) mengingatkan kepada masyarakat di wilayah yang rentan bencana untuk terus waspada. Pasalnya, curah hujan diperkirakan akan tinggi sehingga ada potensi banjir dan longsor.

Di Cilacap, pada awal pekan ketiga Oktober telah terjadi bencana banjir, longsor, dan tanah bergerak. Pada Selasa (20/10), tanah bergerak terjadi di jalan nasional tepatnya di Desa Jambusari, Kecamatan Jeruklegi.

Hal itu disebabkan hujuan deras yang turun di wilayah setempat. Volume retakan dengan panjang 10 meter. Ada sejumlah rumah yang terancam
longsor.

Sebelumnya, bencana banjir dan longsor yang terjadi di empat desa di Kecamatan Jeruklegi dipicu oleh hujan deras. Bencana banjir di  Desa Sawangan dan di Desa Brebeg, sedangkan bencana longsor terjadi di Desa Jambusari dan  Desa Prapagan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan bahwa masyarakat perlu mulai mewaspadai bencana karena curah hujan semakin meningkat. "Saat sekarang telah memasuki musim penghujan, sehingga warga harus meningkatkan kesiapsiagaan. BPBD telah memetakan wilayah-wilayah rawan banjir dan longsor dan telah berkoordinasi dengan desa serta kecamatan yang rawan bencana," jelas Tri Komara.

Menurutnya, peningkatan kesiapsiagaan juga harus mengikuti protokol kesehatan karena saat sekarang masih terjadi pandemi Covid-19. "Berbagai aktivitas dan kesiapsiagaan harus mengacu pada protokol kesehatan. Sebab, saat sekarang masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan mutlak dilaksanakan," tandasnya. (R-1)

Baca Juga

Dok Humas Pemprov Kalimantan Selatan

209.884 Hektar Lahan Pertanian di Kalsel Rusak

👤Denny Susanto 🕔Rabu 20 Januari 2021, 07:27 WIB
Dewan Pengurus Serikat Petani Indonesia (SPI) Kalimantan Selatan mencatat ada 209.884 hektar lahan pertanian pangan yang mengalami...
ANTARA/Bayu Pratama S

BI Kaji Dampak Ekonomi Banjir Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Rabu 20 Januari 2021, 07:16 WIB
Kalsel diprediksi akan mengalami lonjakan inflasi yang cukup tinggi pada triwulan pertama...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 di Klaten Naik, Belum Keluar Dari Zona Merah

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 20 Januari 2021, 07:13 WIB
Persebaran virus korona (covid-19) di di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, belum terkendali. Bahkan, setiap hari kasus terkonfirmasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya