Jumat 02 Oktober 2020, 12:54 WIB

Nakes Positif Covid-19, Empat Puskemas di Kota Sorong Ditutup

Martinus Solo | Nusantara
Nakes Positif Covid-19, Empat Puskemas di Kota Sorong Ditutup

MI/Martinus Solo
Hermanus Kalasuat,Kadis Kesehatan Kota Sorong

 

SEBANYAK empat puskesmas di Kota Sorong, Papua Barat, yakni Puskesmas Sorong, Sorong Timur, Tanjung Kasuari, dan Doom  ditutup karena ada tenaga kesehatan terkonfirmasi positif covid-19. Kabar baiknya puskesmas di Malawei dan Malanu sudah dibuka kembali setelah sempat ditutup karena kasus yang sama.

"Dari update data organisasi profesi kota, tenaga kesehatan yang terpapar sebanyak 50 perawat. Sudah ada 23 orang yang sembuh, dan 27 lainnya sedang menjalani karantina dan 20 bidan,"  kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, Papua Barat, Hermanus Kalasuat, Jumat,(2/10).

Adapun dokter positif covid-19, sampai saat ini belum ada datanya karena harus berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia. Mereka yang terpapar covid-19 melakukan isolasi mandiri. Dan ada sebagian yang isolasi di gedung diklat Kampung Salak.

Hermanus mengatakan penutupan puskesmas bisa diperpanjang apabila ada laporan bahwa masih ada kasus covid-19. 

"Jadi sepanjang tidak ada laporan kepada kami untuk memperpanjang penutupan, maka kami menganggap sudah selesai," jelasnya.

baca juga: Setelah Landai, Kini Klaten Tambah 5 Pasien Covid-19

Wali Kota Sorong, Lembarthus Jitmau mengatakan penutupan puskesmas hanya beberapa hari saja. Demikian juga dengan RSUD Sele Be Solu masih membuka pelayanan kesehatan meski bagian UGD ditutup.

"Puskesmas dan rumah sakit tersebut sudah seharusnya ditutup untuk sementara. Dengan adanya penutupan, ada manfaat bagi tenaga kesehatan untuk beristirahat dan menjaga stamina. Jika tenaga medis terus menerus bekerja, mereka akan kelelahan dan bisa terkena covid-19," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

Dok, Pribadi

DPRD Maluku Minta RUU Daerah Kepulauan Segera Direalisasikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:52 WIB
Menurut dia, setiap anggaran yang dikucurkan kepada Maluku, selalu mengacu pada luas daratan. Padahal, Maluku adalah provinsi yang berbasis...
DOK/ASTRA INTERNASIONAL

Optimalkan Pertanian Kopi, Universitas Jember dan Astra Dampingi Sekolah Kopi

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:35 WIB
Sekolah kopi ini merupakan badan usaha milik desa (BUM-Des) yang dibiayai oleh PT Astra serta didampingi oleh Lembaga Penelitian dan...
DOK/ASTRA INTERNASIONAL

Didukung Pemda dan Astra, Petani Ponorogo Ekspor 300 Ton Rempah-Rempah

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:25 WIB
Setelah mengekspor 50 ton temulawak dan kunyit pada Maret 2022, Senin (8/8), sebanyak 300 ton komoditas serupa ditambah jahe dan pinang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya