Kamis 10 September 2020, 09:40 WIB

Tiga Kecamatan di Kulon Progo Ini Punya Kasus Korona Tertinggi

Antara | Nusantara
Tiga Kecamatan di Kulon Progo Ini Punya Kasus Korona Tertinggi

AFP/JULIO CESAR AGUILAR
swab test covid-19

 

TIGA kecamatan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki angka kasus penyebaran tertinggi covid-19. Lonjakan kasus di Kabupaten Kulon Progo dari 47 kasus menjadi 94 kasus per 9 September. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Sri Budi Utami mengatakan jumlah pasien positif covid-19 tertinggi di Kapanewon (kecamatan) Lendah dan Sentolo masing-masing 17 kasus, dan Pengasih sebanyak 20 kasus.

"Saat ini, terdapat tiga Kapanewon dengan penambahan kasus tertinggi, baik dari segi jumlah kumulatif maupun jumlah saat ini. Antara lain Kapanewon Lendah, Kapanewon Sentolo, Kapanewon Pengasih tanpa menghindarkan respons atau kewaspadaan kapanewon yang lain," kata Sri Budi, Kamis (10/9).

Sri Budi menambahkan dalam kebijakan penanganan kasus covid-19, untuk orang tanpa gejala (OTG) yang jumlahnya cukup banyak diisolasi di Rumah Singgah Teratai. Sedangkan untuk hasil swab positif tanpa gejala diisolasi di RSUD Wates.

Sri Budi mengatakan target jumlah orang yang harus swab test yakni satu persen dari 450 ribu penduduk. Sebanyak 3.327 orang menjadi target swab test hingga Desember.  Menurutnya angka positif covid-19 di Kulon Progo kurang dari 5 persen.  

baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Papua Capai 4.202 Orang

Bupati Kulon Progo Sutedjo menambahkan bahwa seusai arahan dan kebijakan pusat bahwa mereka menjalani isolasi cukup 10 hari kemudian dipulangkan. Namun ia tidak mau serta merta memulangkan warga begitu saja karena ada faktor keamanan yang harus menyertai warga tersebut.
  
"Kita tidak begitu saja melepas yang sepuluh hari begitu saja, tetapi ada langkah-langkah. Perekonomian harus berputar tapi protokol kesehatan tidak boleh jemu-jemunya di antara kita adalah mengedukasi, menyosialisasikan ketaatan publik pada protokol kesehatan," jelasnya. (OL-3)


 

Baca Juga

DOK MI

Karawang Tinggkatkan Frekuensi Operasi Yustisi Prokes

👤Cikwan Suwandi 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:22 WIB
Tim Satgas yang terdiri dari aparat gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan BPBD kini menggelar operasi yustisi empat kali dari...
DOK IKP KOMINFO BABEL

Gubernur Erzaldi Tinjau Lokasi Sawah Terendam Banjir di Desa Kepoh

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:21 WIB
Peninjauan ini dilakukan Gubernur Erzaldi untuk melihat kondisi 260 hektare persawahan yang pada November lalu dilanda...
ANTARA/FIKRI YUSUF

Bali Akhirnya Kembali Inflasi di November 2020

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:15 WIB
"Secara tahunan, inflasi Bali tercatat sebesar 0,81% (yoy), juga lebih rendah dibandingkan dengan nasional yang sebesar 1,59%...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya