Senin 31 Agustus 2020, 22:00 WIB

Sumut Kembali Panen Serentak Puluhan Ton Bawang Merah

Yoseph Pencawan | Nusantara
Sumut Kembali Panen Serentak Puluhan Ton Bawang Merah

ANTARA/Anis Efizudin
Ilustrasi

 

Para petani di Sumatra Utara kembali memanen puluhan ton bawang merah secara serentak, pada Minggu (30/8). Panen ini diharapkan semakin dapat memerkecil defisit ketersediaan komoditas tersebut di Sumut.

Panen dilakukan di Desa Liang Pematang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deliserdang. Keterangan resmi Pemprov Sumut yang diterima Senin (31/8), menyebutkan panen ikut dihadiri Gubernur Edy Rahmayadi.

Edy berharap, panen sebanyak 40 ton dari lahan seluas 1,5 hektare di desa tersebut mampu membantu memenuhi kebutuhan bawang merah di provinsinya. "Kita akan terus mendorong agar Sumut mampu memenuhi kebutuhan sendiri bawang merahnya, bahkan mudah-mudahan bisa diekspor," kata Gubernur.

Pada awal Mei, Edy pun sudah mendatangi panen serentak 16 ton bawang merah di desa yang sama. Karena itu, besar harapannya para petani di STM Hulu dapat memenuhi ketersediaan bawang merah di Sumut yang saat ini masih defisit 50 persen.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut Dahler Lubis mengatakan, bawang merah dari STM Hulu memiliki kualitas yang baik, berukuran besar dan sudah bisa dikembangkan untuk menjadi bibit.

Dia yakin STM Hulu masih dapat meningkatkan hasil panennya karena ketinggian dan struktur tanah di daerah itu sangat cocok ditanami bawang.

Dengan teknik yang tepat, para petani akan mampu selalu menghasilkan bawang merah yang berkualitas. Banyak dari para petani komoditas lain di daerah itu juga sudah tertarik menanam bawang. Sehingga ke depan akan lebih banyak lagi jumlah petani di sana yang menanam bawang.

Sejauh ini sudah ada sekitar 50 petani yang membudidayakan bawang merah di STM Hulu dengan total luas lahan sampai dengan 60 hektare. Daerah penghasil bawang merah grade A ini juga sudah memiliki dua kelompok tani (poktan), yakni Poktam Arih Ersada dan Poktan Ponti 4. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA/Abriawan Abhe

BNPB Kerahkan 4 Helikopter Bantu Penanganan Banjir Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Minggu 24 Januari 2021, 08:02 WIB
Helikopter digunakan untuk melakukan pemantauan kondisi banjir dan mensuplai bahan makanan ke daerah yang...
ANTARA

Keterisian Ruangan Isolasi Covid-19 di Riau Rata-rata 30%

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 24 Januari 2021, 07:52 WIB
Hingga Jumat (22/1) malam terdapat penambahan 122 kasus terkonfirmasi...
123.rtf

Gubsu Minta Kawasan Danau Toba Ramai Ditanam Macadamia

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 24 Januari 2021, 07:44 WIB
Selain untuk penghijauan dan menjaga degradasi lahan, tanaman Macadamia juga, kata Edy, memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya