Sabtu 15 Agustus 2020, 16:50 WIB

Telisik Izin Penebangan Kayu Pinus di Hutan Reboisasi Garoga

Januari Hutabarat | Nusantara
Telisik Izin Penebangan Kayu Pinus di Hutan Reboisasi Garoga

MI/Januari Hutabarat
Truk pengangkut kayu tidak menyesuaikan muatan dengan kelas jalan desa yang dilaluinya sehingga jalan rusak parah.

 

IZIN penenbangan kayu Pinus di Hutan Reboisasi Desa Simpangbolon Kecamatan Garoga Kabupaten Tapanuli Utara-Sumatera Utara, harus ditelisik, pasalnya penebangan kayu pinus di hutan reboisasi akan berdampak kepada kegundulan hutan sedikitnya 100 hektar dan rusaknya kebun kemeyan warga sekitarnya yang disebut dengan jalur hijau.

Selain itu, truk pengangkut kayu tidak menyesuaikan muatan dengan kelas jalan desa yang dilaluinya, sehingga akan terjadi kebocoran keuagan negara, akibat kerusakan jalan yang dilalui truk tersebut.

Sabar Sormin, 50, warga Desa Simpanbolon, Sabtu (15/8) mengaku cemas dengan kondisi jalan menuju desa tersebut. Ia berharap agar pemerintah memperhatikan muatan truk pengangkut kayu agar tidak berdampak kepada kerusakan badan jalan.

"Harusnya dalam surat ijin penebangan kayu yang dikeluarkan dinas kehutanan provinsi Sumatera Utara, dilengkapi dengan batas muatan sesuai dengan kelas jalan desa.

Dalan Simanjuntak, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Utara, sebelumnya mengaku akan tetap memperhatikan kondisi badan jalan  yang dilalui truk pengangkut kayu Pinus tersebut.

"Kita akan tetap memantau kondisi badan jalan kususnya didesa Simpangbolon, tanpa memberitahukan tindakan seperti apa yang akan dilakukannya dilapangan. (OL-13)

Baca Juga

MI/Ardi Teristi H

Pengelola Desa Wisata di Kulonprogo Dibekali Kemampuan Pemasaran Digital

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 07:04 WIB
"Pengembangan konten virtual desa wisata perlu menjadi prioritas inisiatif karena mampu menciptakan efek pemerataan ekonomi sesuai...
ANTARA

77 Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Taman Laut Pandanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 22:57 WIB
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat Muslim mengatakan bahwa tema peringatan ulang tahun ke-77 Kemerdekaan RI...
DOK MI

Dua Napi Terorisme Di Nusakambangan Ikrar Setia Kepada NKRI

👤Widhoroso 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 20:20 WIB
DUA napi kasus terorisme yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Karanganyar, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya