Selasa 31 Maret 2020, 13:28 WIB

Kota Jambi Kerahkan UMKM Produksi APD

Solmi | Nusantara
Kota Jambi Kerahkan UMKM Produksi APD

Antara
Wali Kota Jambi, Jambi, Syarif Fasha

 

WALI Kota Jambi, Jambi, Syarif Fasha memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memproduksi alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis. 

Menggunakan sumber dana Dompet Peduli Bencana Covid-19, para pelaku
UMKN dibagikan bahan baku berupa kain khusus untuk dijahit menjadi
APD.

Syarif menjelaskan, dari sekitar Rp140 juta donasi yang terkumpul, sudah dibelanjakan untuk pembelian bahan baku APD yang kemudian diserahkan kepada pelaku UMKM di bawah binaan Dekranasda Kota Jambi untuk dibuatkan APD.

"Pengerjaannya keroyokan oleh para pelaku UMKM. Jika masih masih kurang, kita akan cari bahan lagi," kata Fasha.

APD poduksi mandiri Pemkot Jambi tersebut, dikatakan Fasha, diperuntukkan bagi para petugas medis dan anggota Tim Gugus Tugas Penanganan Covid -19 yang bertugas di lini depan pencegahan dan penanganan pandemi korona di Kota Jambi.

Untuk para medis yang bertugas melayani pasien dalam pengawasan di rumah sakit rujukan, seperti RS Abdul Manap, kata Fasha, harus menggunakan APD yang memenehuhi standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Tahap pertama disebutkan Fasha, pihaknya telah memesan 500 APD yang didistribusikan. "Ini nanti bisa dipakai dua kali. pembuatan APD ini menggunakan dompet peduli bencana," jelasnya.

Baca juga: Pemprov Jateng Bagi-Bagi Nasi Kotak Untuk Ojol

Salah satu UMKN yang dipesan untuk memproduksi APD mandiri tersebut adalah Batik Berkah. Tahap pertama UMKN yang berlokasi di kawasan Simpang Pulai, Kota Jambi diminta memproduksi sebanyak 500 APD berupa baju pelindung.

"Insyaallah tidak hambatan, kita siap menyelesaikannya sesuai waktu yang ditagetkan. Sepekan ini sebanyak 500 buah," kata Ridayatul Khairah, pengelola UMKN Batik Berkah. (X-15

Baca Juga

dok.pribadi

Politisi Muda Papua Minta Lukas Enembe Contoh Barnabas Suebu Patuh Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 18:55 WIB
POLITISI Muda Papua Haris Yoku menilai dua kali mangkirnya Gubernur Lukas Enembe ke KPK yang diduga korupsi tidak memberi contoh baik bagi...
DOK. Dekranasda Flotim

Kriya Tenun Karya Pengrajin Flores Timur Diminati Berbagai Kalangan

👤Alexander Taum 🕔Jumat 30 September 2022, 18:25 WIB
KEUNIKAN dan eksotisme kerajinan warisan leluhur Flores Timur, Nusa Tenggara Timur menarik minat pengunjung Pameran Nasional Kriyanusa yang...
DOK MI

Pemkab OKU Minta BUMDes Fokus Kembangkan Desa Wisata

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 30 September 2022, 18:11 WIB
Pemerintah Kabupaten OKU mendorong badan usaha milik desa (BUMDes) di Kecamatan Ulu Ogan untuk mengembangkan potensi wisata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya