Rabu 10 Juli 2019, 20:29 WIB

Kemenpora Gerakkan Para Pemuda Turut Tangani Sampah

Dede Susianti | Nusantara
Kemenpora Gerakkan Para Pemuda Turut Tangani Sampah

MI/Dede Susianti
Menpora Nahrawi membuka pembekalan di acara Pepelingasih di Camp Hulu Cai, Ciawi, Bogor, Selasa (9/7).

 


Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggerakkan kekuatan pemuda di seluruh Indonesia, untuk terlibat dalam penanganan sampah.

Saat ini, Indonesia bisa dikatakan mengalami darurat sampah. Untuk gerakan atasi persoalan sampah itu, Kemenpora telah melakukan kaderisasi para pemuda untuk jadi agen dalam penanggulangan sampah.

Dalam penanggulangan sampah yang melibatkan kaum muda, Kemenpora membentuk Pepelangasih (Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih), sebuah program khusus yang telah dilakukan tiga tahun lalu.

Kali ini pembekalan Pepelangsih yang berlangsung selama empat hari dari Selasa (9/7) hingga Jumat (12/7), dilaksanakan di Camp Hulu Cai, Ciawi, Kabupaten Bogor.

Pepelangsih dengan pesertanya perwakilan-perwakilan pemuda-pemudi dari 34 propinsi di seluruh Indonesia dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

"Ini kegiatan sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu. Dimulai dari keprihatinan, kita harus betul- betul menyelamatkan lingkungan kita dari penumpukan sampah. Itu harus dimulai dari masing-masing. Terutama anak muda. Baik di level warga masyarakat dan negara secara keseluruhan,"ungkap Menpora Imam Nahrawi seusai membuka acara pada Selasa (9/7) malam.

Imam menyebut, nantinya mereka akan didorong agar menjadi motivator, inisiator. Bahkan memanfaatkan sampah itu untuk diolah menjadi hal yang produktif. Sehingga mereka punya nilai tambah dan bahkan menjadi kehidupannya.

"Dalam kegiatan ini kita tidak hanya memberikan teori tapi juga mengasah pengalaman keterampilan yang mereka lakukan selama ini," kata Menpora.

Yang kedua, lanjut Imam, merupakan bagian dari kampanye akan bahaya sampah plastik yang betul-betul merusak lingkungan. Bagaimana kemudian lingkungan kita dijaga dan nantinya mereka harus berani mengatakan pada siapa pun agar mengurangi sampah plastik. Baik sampah dari dalam negeri maupun sampah plastik impor.

"Pepelingsih ini betul-betul bentuk partisipasi Kemenpora untuk seluruh anak muda agar betul- betul menjadikan sampah barang yang berguna, diproduksi. Bahkan penghasilan masa depan,"katanya.

Saat itu Menpora pun terkesan dengan berbagai kerajinan yang dibuat para peserta dengan mengandalkan bahan-bahan limbah.

Dia mencontoh apa yang dilakukan oleh Kadek, salah satu peserta asal Bali. Kadek berhasil membuat sampah plastik dari aneka bungkus makanan, permen menjadi sebuah lukisan atau gambar wajah yang menarik. Dari hasil karyanya, Kadek mendapat penghasilan. Karena dia sudah dirancang mulai dari pembuatan hingga pemasarannya.

Faisal Abdullah Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda pada Kemenpora mengatakan, apa yang diselenggarakannya merupakan langkah menuju Indonesia bebas sampah plastik tahun 2030. "Kalau tidak mulai sekarang, tidak bisa. Bukan memerangi sampah, tapi manfaatkan sampah untuk kehidupan sustainable. Learning by doing,"ungkapnya.

Sementara itu, menurut Asisten Deputi Bidang Peningkatan Kapasitas Pemuda sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara, I Gusti Putu Raka Pariana mengatakan, dalam kegiatan itu juga pihaknya bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kemudian PU PR dan sejumlah pihak lain terkait. (OL-09)

Baca Juga

DOK MI.

Polda Jateng: Kerangka Manusia di Tepi Sungai Berkelamin Laki-Laki

👤Mediaindonesia.co 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:02 WIB
Kepolisian mengidentifikasi temuan kerangka manusia di tepi Sungai Depok di Desa Pasigatan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah,...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Sultan HB X dan Paku Alam X Kembali Ditetapkan sebagai Gubernur-Wagub DIY

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:50 WIB
Sebelum penetapan Gubernur dan Wagub DIY Periode 2022-2027, DPRD DIY telah melalui seluruh...
DOK.MI

Sadis, Paman Tikam Keponakan yang Sedang Belajar di Sekolah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:40 WIB
Kapolsek Sunggal Komisaris Yudha mengatakan bahwa pelaku pembunuhan tersebut tak lain merupakan paman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya