Senin 25 Februari 2019, 14:45 WIB

Saat Melipat, KPU Surakarta Temukan 4.000 Surat Pilpres Rusak

Widjajadi | Nusantara
Saat Melipat, KPU Surakarta Temukan 4.000 Surat Pilpres Rusak

MI/Widjajadi

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta menemukan 4.000-an surat suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 dalam kondisi rusak. Penemuan itu diketahui saat KPU melakukan penyortiran sekaligus pelipatan. Hingga saat ini, KPU sudah melakukan pelipatan sebanyak 258 lembar dari total 430.439 surat suara Pilpres.

"Kami sudah laporkan surat suara Pilpres yang rusak itu ke KPU Pusat, agar segera dapat dilakukan penggantian," kata Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti di kantornya, Senin (25/2).

Kerusakan yang ditemukan pada surat suara Pilpres itu di antaranya warna kertas tidak merata atau muncul gelembung-gelembung warna. Dengan kondisi rusak seperti itu, maka surat suara menjadi tidak memenuhi syarat untuk dipergunakan dalam pemilihan 17 April mendatang.

Baca juga: Mendagri Sebut Hoak Surat Suara Rusak Proses Konsolidasi Demokrasi

Pelipatan surat suara pilpres akan berlangsung sampai akhir Februari. KPU berharap penemuan surat suara rusak tidak terus berlanjut, sehingga tidak menyulitkan pihaknya dalam memenuhi tahapan Pemilu 2019 ini. Ribuan surat suara yang rusak itu akan dimusnahkan pada H-1 pemungutan suara.

Sementara itu, terkait persoalan pemilih pindah tempat, Bawaslu Kota Surakarta memberikan rekomendasi kepada KPU Kota untuk tetap mengakomodasi dengan kemudahan proses. Pemilih bisa langsung mengurus ke KPU dan dilayani dengan baik.

"Dengan begitu tidak ada alasan pemilih tidak bisa mencoblos hanya karena persoalan administrasi," tegas Ketua Bawaslu Kota Budi Wahyono.(OL-5)

Baca Juga

Dok. teman Sandi

Asah Kreativitas Warga di Pati, Teman Sandi Gelar Berbagai Lomba dan Donasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 19:20 WIB
Lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa kekompakan dan solidaritas antar sesama. Hasil lomba ini mengambil tiga pemenang untuk...
DOK MI

Status Gunung Merapi Masih Siaga

👤Widhoroso 🕔Senin 16 Mei 2022, 19:17 WIB
BALAI Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau...
DOK MI

Cegah Penyebaran PMK, Lamongan Sekat Pintu Masuk dan Tutup 2 Pasar Besar Hewan

👤M Yakub 🕔Senin 16 Mei 2022, 19:07 WIB
PEMKAB Lamongan Jawa Timur terus berupaya melakukan pencegahan dan percepatan penanganan kasus agar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya