Jumat 22 Februari 2019, 16:25 WIB

Pemerintah Jerman akan Tanam Sawit di Babel

Antara | Nusantara
Pemerintah Jerman akan Tanam Sawit di Babel

Antara Foto/Wahdi Septiawan

 

PEMERINTAH Republik Federal Jerman akan menanam kelapa sawit di lahan bekas penambangan bijih timah di Kepulauan Bangka Belitung, Penanaman Sawit bertujuan untuk memulihkan lahan kritis di daerah itu.

"Kami tidak hanya menanam saja, juga melakukan pembibitan kelapa sawit unggul," kata Kepala Divisi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedutaan Besar Republik Federal Jerman Svann Langguth di Pangkalpinang, Jumat (22/2).

Ia mengatakan saat ini Jerman juga memiliki proyek perkebunan kelapa sawit di Jambi karena komoditas itu memiliki nilai ekonomis tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Tanaman kelapa sawit luar biasa, ekonomis dan dapat menjaga kelestarian lingkungan flora serta fauna," katanya.

Baca juga: Di Balik Kisah Timah Pulau Bangka

Menurut dia reklamasi lahan bekas penambangan di Bangka Belitung sebagai salah satu tanggung jawab pemerintah Jerman yang merupakan salah satu negara ekspor timah Indonesia.

Namun, perusahaan tambang di Indonesia juga memiliki tanggung jawab untuk memulihkan lingkungan pascapenambangan. "Kami juga memiliki tanggung jawab untuk menanam berbagai tanaman bermanfaat untuk perekonomian masyarakat di daerah ini," katanya.

Ia menambahkan kegiatan reklamasi ini murni niat baik Pemerintah Jerman untuk memperbaiki lingkungan bekas penambangan bijih timah di Bangka Belitung.

"Kami tidak ada niat lain untuk melakukan reklamasi di lahan bekas tambang ini, apalagi selama ini kebutuhan timah Jerman didatangkan dari Indonesia," katanya. (OL-7)

Baca Juga

DOK MI

Angka Kasus Perceraian di Bandung Barat Terus Meningkat

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:11 WIB
KASUS perceraian di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat meningkat tajam selama kurun waktu empat tahun terakhir. Perceraian sebagian besar...
DOK MI

Kasus Covid-19 Bertambah, Palembang Perpanjang PPKM Level II

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 19 Januari 2022, 16:59 WIB
PADA 18 Januari 2022, kasus Covid-19 di Kota Palembang mengalami penambahan yang cukup...
ANTARA

Sumsel Mulai Berlakukan Minyak Goreng Satu Harga

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 19 Januari 2022, 16:53 WIB
PEMERINTAH pusat sudah mengeluarkan kebijakan minyak goreng satu harga untuk seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Sumatera Selatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya