Jumat 08 Februari 2019, 13:50 WIB

KPU RI Tetapkan Lima Komisioner KPU NTT

Palce Amalo | Nusantara
KPU RI Tetapkan Lima Komisioner KPU NTT
 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah menetapkan lima komisioner KPU Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2019-2024.

Lima komisioner dijadwalkan dilantik di Kantor KPU RI pada Jumat (8/2) sekitar pukul 21.00 WIB. Lima anggota KPU itu ialah Thomas Dohu, Yosafat Koli Fransiskus Vincent Diaz, Yefri Amazia Gala, dan Lodowyk Fredrik.

Penetapan komisioner KPU NTT terpilih itu tertuang dalam Keputusan KPU RI Nomor 394/PP.06-Kpt/05/KPU/II/2019 yang dikeluarkan 7 Februari 2019.

Adapun Lodowyk Fredrik saat ini menjabat sebagai Ketua KPU Kota Kupang periode 2019-2024, dilantik sejak 3 Februari 2019. Lodowyk adalah satu dari enam calon anggota KPU NTT yang gugur saat tahapan seleksi tahun lalu.

 

Baca juga: Wabup Brebes Dipanggil Bawaslu

 

Akan tetapi, KPU RI memandang enam orang yang gugur tersebut memenuhi syarat untuk diikutsertakan dalam uji kelayakan dan kepatuan (fit and proper test) pada 2 Februari 2019.

Karena gugur saat seleksi calon anggota KPU NTT, anggota KPU Kota Kupang periode 2013-2018 itu kemudian mengikuti seleksi calon anggota KPU Kota Kupang periode lima tahun berikutnya. Hasilnya, ia terpilih dan dilantik bersama empat anggota KPU lainnya.

"Sebagai komisioner KPU Kota Kupang, saya tunduk kepada keputusan pimpinan (hirarki) di manapun ditempatkan akan saya terima dan jalankan," katanya kepada Media Indonesia sebelum naik pesawat menuju Jakarta.

Selain itu, komisioner Thomas Dohu dan Yosafat Koli adalah mantan anggota KPU NTT periode 2013-2018. Sedangkan Fransiskus Vincent Diaz adalah mantan anggota KPU Flores Timur, serta Yefri Amazia Gala adalah mantan anggota KPU Sumba Barat.

Sebelumnya anggota KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan anggota KPU Kota Kupang yang terpilih menjadi anggota KPU NTT akan ditempuh mekanisme pergantian antarwaktu (PAW). (OL-3)

Baca Juga

DOK Telkomsel.

Kartu Telekomunikasi yang Dipakai Surfer WSL di Banyuwangi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:20 WIB
Lokasi WSL tepat berada di kelengkungan bumi sehingga tim network memasang dua combat yakni Plengkung dan...
MI/Benny Bastiandy

Pemandian Air Panas Alami di Pasar Cipanas Jadi Daya Tarik Wisata

👤Benny Bastiandy 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:06 WIB
PASAR Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memiliki potensi sumber air panas alami. Saat ini potensinya sudah ditata sedemikian rupa...
DOK MI

Antisipasi Hepatitis Akut, Pemkab Buleleng Siapkan Fasilitas Kesehatan

👤Ruta Suryana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 21:30 WIB
PEMKAB Buleleng, Bali, telah menyiapkan fasilitas kesehatan di seluruh tingkatan, mulai dari dinas Kesehatan hingga puskesmas untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya