Kamis 01 Maret 2018, 20:46 WIB

Gempa di Mandailing Natal Terasa hingga ke Padang

Yose Hendra | Nusantara
Gempa di Mandailing Natal Terasa hingga ke Padang

thinkstock
Gempa di Mandailing Natal Terasa hingga ke Padang

 

GETARAN gempa di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, Kamis (1/3), pukul 10.17 WIB, terasa sekian detik di Kota Padang, Sumatra Barat. Kendati demikian, tidak terpantau masyarakat berhamburan keluar rumah tanda kepanikan.

"Ya ada terasa guncangannya, tetapi hanya beberapa detik. Karena tidak terlalu keras, saya hanya berdiam di rumah," ujar Rus, seorang warga Padang, Kamis.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa bumi tersebut berkekuatan M=5,5, terjadi dengan koordinat episenter pada 0,97 LU dan 98,75 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 32 kilometer arah barat Kota Singkuang, Kabupaten Mandailing Natal.

Gempa tersebut berpusat di wilayah Samudra Hindia, Pantai Barat Sumatra, pada kedalaman 77 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Moch Riyadi, menjelaskan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di daerah Sibolga dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI), Tarutung II SIG-BMKG (III MMI), Gunung Sitoli I-II SIG-BMKG (II-III MMI), Padang, Bukittinggi, Lubuk Basung, Pasaman Barat, dan Binaka I SIG-BMKG (II MMI).

Guncangan gempa bumi ini belum menimbulkan kerusakan. Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, ungkap Riyadi, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi.

"Hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh mekanisme sumber naik mendatar (oblique thrust fault)," terangnya.

Hingga pukul 10.45 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Mandailing Natal diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya. (OL-2)

Baca Juga

Ist/PLN Babel

HUT ke-77 RI, PLN Babel Terangi Masyarakat dan Wisata Pantai Tambak Sukamandi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:26 WIB
Pemerintah Kabupaten Belitung Timur sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada PT. PLN yang menyediakan jaringan listrik di salah satu...
dok.ist

Aksi Petugas Amankan 212 Calon PMI di Sumut hingga 4 Hari Dikritisi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:18 WIB
SEBANYAK 212 orang calon pekerja migran Indonesia (PMI) diamankan di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut. Mereka rencananya akan ke...
Antara

Kalbe Farma Rangkul Petani Baduy Tanam Jahe Merah

👤Sumantri 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 07:50 WIB
Jahe Merah merupakan obat herbal yang mampu menangkal berbagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya