Jumat 20 Januari 2023, 20:16 WIB

Pengamat: ERP Bukan Obat Mujarab atasi Macet

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pengamat: ERP Bukan Obat Mujarab atasi Macet

MI/Susanto
Kamera dan sensor untuk penerapan ERP

 

PENGAMAT transportasi Djoko Setijowaro mengungkapkan jalan berbayar elektronik atau 'electronic road pricing' (ERP) memang bisa menjadi program andalan untuk mengatasi kemacetan. Meskipun demikian, ia menegaskan ERP bukan menjadi satu-satunya cara agar kemacetan berkurang.

"ERP bukan obat mujarab. Dia tidak bisa berdiri sendiri," kata Djoko saat dihubungi, Jumat (20/1).

Ia menegaskan, Pemprov DKI tetap harus memperbaiki sistem angkutan umum di Jakarta. Tak hanya Pemprov DKI, program pengendalian kemacetan di Jakarta juga harus didukung oleh pemerintah pusat.

Kementerian Perhubungan, kata Djoko, harus mendukung dengan memperbaiki sistem angkutan umum di Bodetabek, sebab, sebagian besar arus kendaraan bermotor di Jakarta juga datang dari daerah-daerah penyangga.

Baca juga: Soal ERP, DPRD: Jakarta Bukan Singapura

"Perbaiki sistem angkutan umumnya. Seperti di Bogot itu ada Trans Pakuan bisa ditambah dari delapan rute baru ada empat. Jadi ini sebagai 'first and last mile'. Jika dari hulunya saja sudah menggunakan angkutan umum, itu akan mengurangi kemacetan Jakarta," jelasnya.

Iapun setuju dengan rencana Pemprov DKI berencana menerapkan ERP di 25 ruas jalan yang saat ini sudah diterapkan ganjil genap. Namun, ia menyarankan agar hal tersebut dilakukan secara bertahap.

"Jangan langsung 25 ruas jalan. Tapi bertahap sambil melihat kinerjanya dan evaluasinya yang terus-menerus. Lalu juga sambil menunggu angkutan umumnya semakin berkembang. Apalagi kan sebentar lagi ada LRT Bodebek," tandasnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Pemprov DKI dan BPS Sinkronisasi Data Registrasi Sosial Ekonomi

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:42 WIB
Pemprov DKI Jakarta menggelar rapat koordinasi bersama BPSuntuk membahas sinkronisasi...
DOK.MI

IRT Tewas di Penjaringan, Ditemukan Pistol Dekat Mayatnya

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 18:58 WIB
SEORANG ibu rumah tangga (IRT) berinisial S (51) ditemukan tewas di dalam rumahnya di kawasan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu...
Dok. MI

27 Titik Putar Balik Ditutup, Dishub DKI Siapkan Petugas Jaga

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 17:33 WIB
Dishub DKI Jakarta menilai lokasi putar balik cukup berkontribusi terhadap kemacetan lalu lintas. Sebab, kendaraan yang mau memutar balik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya