Rabu 18 Januari 2023, 22:38 WIB

Tuntutan 8 Tahun Terhadap Putri Candrawathi Patut Dipertanyakan

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Tuntutan 8 Tahun Terhadap Putri Candrawathi Patut Dipertanyakan

Antara
Putri Candrawathi

 

PAKAR Hukum Pidana dari Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad menilai tuntutan 8 tahun penjara terhadap terdakwa Putri Candrawathi dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias J patut dipertanyakan.

Pasalnya, Putri menjadi pemicu terjadinya pembunuhan terhadap Brigadir J. Meski tidak terlibat langsung atau menjadi eksekutor pembunuhan, pengakuan Putri yang telah dilecehkan oleh Brigadir J menjadi penyebab terjadinya pembunuhan.

"Kalau dia tidak ngomong atau mengaku adanya pelecehan ke Ferdy Sambo tentu pembunuhan ini tidak terjadi," kata Suparji, kepada Media Indonesia, Rabu (18/1).

Suparji juga mengatakan pengakuan Putri soal dilecehkan oleh Brigadir J juga tidak memiliki bukti yang kuat. Hal tersebut hanya berdasarkan pengakuan Putri dan Sambo. Sedangkan tidak ada saksi lain dan hasil visum yang membuktikan telah terjadinya pelecehan seksual.

Maka dari itu, ia menilai adalah wajar jika masyarakat, khususnya keluarga Brigadir J kecewa terhadap tuntutan 8 tahun penjara. "Tuntutan itu akan dianggap mencederai keadilan," katanya.

Lebih lanjut, ia juga menanggapi soal tuntutan terhadap Bharada Richard Eliezer alias E yang dituntut 12 tahun penjara dalam kasus tersebut. Tuntutan tersebut lebih berat dari Putri.

Ia menilai tuntutan terhadap Bharada E seharusnya lebih ringan dari Putri. Meski menjadi eksekutor pembunuhan, Suparji menilai Bharada E hanya menjalankan instruksi dari Ferdy Sambo. Beda halnya dengan Putri yang memicu terjadinya pembunuhan.

Namun demikian, ia mengatakan nantinya keputusan akhir berada di tangan majelis hakim. Ia mengatakan hakim bisa memutus hukuman terhadap para terdakwa lebih berat dari tuntutan jaksa.

"Bisa saja (lebih berat). Tentunya hakim punya pertimbangan lain. Semua kemungkinan masih ada. Bisa vonis lebih berat, sesuai, atau lebih ringan dari tuntutan jaksa," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI / ADAM DWI

Bina Marga: Dari Koridor 8 Ke Stasiun Kebayoran Lama Lewat Skywalk Seharusnya Gratis

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:39 WIB
Hari mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Transjakarta untuk perihal tersebut. Ia mengatakan, nantinya akan ada petugas yang...
MI/Andri Widiyanto

Polda Metro Gelar Operasi Keselamatan Jaya 2023, Ini yang Disasar

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:49 WIB
Polda Metro Jaya menggelar Operasi Keselamatan Jaya 2023 selama dua pekan yang berlangsung mulai hari ini Selasa (7/2) hingga Senin...
Antara

BMKG Minta Warga DKI Waspadai Hujan dan Petir

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 07:10 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga untuk mewaspadai cuaca hujan disertai petir di tiga wilayah DKI Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya