Rabu 09 November 2022, 09:47 WIB

Dinkes DKI Awasi Penjualan 69 Obat yang Dilarang Badan POM

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dinkes DKI Awasi Penjualan 69 Obat yang Dilarang Badan POM

MI/Ramdani
Ilustrasi pemberitahuan penghentian penjualan obat sirop

 

KEPALA Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti memastikan melakukan pengawasan pada 69 obat yang masuk dalam daftar dilarang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

Pengawasan dilakukan terhadap fasilitas kesehatan baik RS, RSUD, hingga apotek. Ia meminta agar faskes yang terlanjur memiliki 69 obat tersebut harus mengarantina obat-obatan tersebut dan dilarang untuk diperjualbelikan.

"Saat ini sesuai dengan fungsi dan pengawasan dari Dinkes. Kami fungsinya mengawasi dan membina dan pengendalian," kata Widyastuti di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (8/11).

Baca juga: Polisi akan Panggil Pejabat Badan POM Terkait Kasus Obat Sirop

Tidak hanya Dinkes DKI, penarikan obat itu juga akan bekerja sama dengan Sudin Kesehatan serta unit kerja daerah lainnya.

"Kami pastikan faskes atau di tingkat RS, puskesmas, apotek, itu mengamankan/mengarantina obat-obatan tersebut sampai ada tindakan lebih lanjut dari yang berwenang," tuturnya.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM RI) mencabut izin edar 69 obat sirup dari tiga perusahaan farmasi yaitu produksi PT Yarindo Farmatama, PT Universal Pharmaceutical Industries, dan PT Afi Farma. Hal ini terkait ketiga perusahaan tersebut terbukti melakukan pelanggaran. Dalam pemeriksaan, ketiganya menggunakan bahan baku pelarut Propilen Glikol (PG) yang mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) yang melebihi ambang batas aman.(OL-5)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Viral Ribuan Ikan Meloncat ke Daratan di Pantai Marina Ancol

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 19:59 WIB
Dari video yang dihimpun, tampak video menampilkan ikan-ikan yang melompat daratan. Ribuan ikan itu kemudian diambil oleh warga...
Antara

Sama-sama Tolak UMP DKI 2023: Buruh Bilang Kurang, Pengusaha Sebaliknya

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 30 November 2022, 19:04 WIB
Penetapan Pemprov DKI soal nominal UMP ini jadi pemicu kedua pihak kompak sama-sama menolak dan menuntut nominal UMP baru senilai Rp4,9...
John Moore/Getty Images/AFP

Polda Metro Ungkap Sabu Likuid dari Iran

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 18:55 WIB
Polda Metro Jaya mengungkap likuid yang berbahan methamphetamine atau sabu-sabu. Ia mengatakan likuid berbahan sabu tersebut tergolong baru...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya