Jumat 16 September 2022, 06:43 WIB

Jarkot Sebut Bahtiar bisa Menjembatani Polarisasi Politik DKI

mediaindonesia.com | Megapolitan
Jarkot Sebut Bahtiar bisa Menjembatani Polarisasi Politik DKI

DOK POL PUM KEMENDAGRI
Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar

 

KOORDINATOR Jaringan Aktivis Perkotaan (Jarkot) Amrin Esary menegaskan persoalan-persoalan di DKI Jakarta, yang kian hari kian pelit dan rumit, khususnya menyangkut disharmoni sosial akibat mobilitas politik yang tidak sehat, membuat ibu kota negara itu butuh figur pemimpin yang kuat dan sarat pengalaman agar bisa merespon dengan cepat dinamika yang tengah berlangsung, khususnya dalam menyambut tahun politik 2024 yang diprediksi akan diwarnai kembali mengentalnya polarisasi politik dan politik identitas.

"Saya melihat dari tiga nama yang direkomendasi DPRD DKI, adalah nama Bahtiar yang paling cocok dengan kebutuhan DKI saat ini. Pengalaman beliau sebagai mantan Direktur Organisasi Kemasyarakatan pada  Direktorat Kesbangpol RI, saya rasa bisa jadi jawaban atas kebekuan politik identitas yg masih jadi api dalam sekam dalam lanskap politik DKI kedepan" tambah jebolan fungsionaris aktivis BEM Nusantara itu.

"Beliau, saya rasa, sangat kompeten dan memiliki modal sosial yang memadai dalam mendeteksi ancaman dan memetakan gangguan sosial politik DKI karena memiliki jangkar komunikasi yang bagus dengan jaringan kekuatan ormas dan simpul-simpul politik yang ada.

Baca juga: Diusulkan jadi Pj Gubernur DKI, Bahtiar Berterima kasih pada DPRD

Di sisi yang lain, beliau adalah figur yang independen karena tidak memiliki catatan keterikatan dengan konfigurasi politik dan birokrasi DKI sehingga akan leluasa melakukan terobosan-terobosan kinerja dalam tata kelola pemerintahan.

Bahtiar dipandang memiliki jam terbang birokrasi yang komplet, memiki pengalaman eksekutif sebagai Pjs Gubernur Riau dan di Kemendagri dipercaya sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, sosok profesional dalam mengelola persatuan dan kesatuan, pembinaan wawasan kebangsaan. Sehingga bisa merawat harmoni sosial politik Jakarta. (RO/OL-1)

Baca Juga

Antara

Update 28 September 2022: DKI Jakarta Catat 695 Kasus Covid-19 Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 28 September 2022, 22:00 WIB
Sebanyak 695 dari 1.915 kasus covid-19 nasional ditemukan di Jakarta, Rabu...
Antara/Indrianto Eko Suwarso.

Anies Ingin Satukan Gedung SD, SMP, SMA agar Siswa Akur

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 28 September 2022, 21:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin menyatukan gedung sekolah berjenjang mulai sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP),...
DOK.MI

Seorang Warga Cilincing Terluka akibat Granat yang Ditemukannya Meledak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 21:31 WIB
Warga itu juga masih mengalami gangguan pendengaran karena terdampak langsung ledakan granat kejut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya