Jumat 22 April 2022, 11:30 WIB

Ormas yang Lakukan Pemerasan Berkedok THR Siap siap Dilibas Polisi

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
Ormas yang Lakukan Pemerasan Berkedok THR Siap siap Dilibas Polisi

MI/Fajri
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (baju putih) saat menginpeksi kesiapan petugas menjaga keamanan selama ramadan.

 

POLDA Metro Jaya mengimbau kepada seluruh jajaran organisasi masyarakat (ORMAS) agar tidak meminta Tunjangan Hari Raya (THR) kepada perusahaan ataupun ke masyarakat langsung.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan mengatakan meminta THR secara paksa merupakan bagian dari tindak pemerasan.

"Apabila ada korban yang melaporkan ke Polda Metro kita akan proses hukum terhadap kelompok-kelompok yang melakukan pemerasan kepada masyarakat," ujarnya saat dihubungi, Jumat (22/4)

Ia pun meminta kepada seluruh pengusaha yang mendapati surat permintaan THR yang bersifat memaksa agar segera laporkan ke pihak kepolisian terdekat. "Kita akan respon aduan masyarakat itu karena tidak dibenarkan," janjinya.

Lebih lanjut, Zulpan mengatakan tindakan membuat surat edaran dan meminta kepada semua perusahaan yang ada di wilayah tertentu dan mengatasnamakan ormas tersebut tidak dibenarkan.

"Iya itu kan pemerasan. Tapi kalau minta thr karena hubungan baik itu tidak masalah," Kata Zulpan.

Diberitakan sebelumnya, viral di media sosial adanya sejumlah surat edaran permintaan dana Tunjangan Hari Raya (THR) Idulfitri 2022 dari organisasi masyarakat (ormas) ke warga di Jabodetabek. Berikut petikan suratnya;

Salam sejahtera, kami dari Organisasi Pemuda Pancasila Ranting Cengkareng Timur Kec Cengkareng Kota Administrasi Jakarta Barat, memohon Bapak/Ibu berpartisipasi untuk kesejahteraan kader sebagai bentuk memperkuat wilayah dari ancaman yang ingin mengganggu ideologi Pancasila.
Di dalam menyambut dan memasuki hati yang penuh berkah dan ketenangan hari yang fitri tersebut, bersama ini kami mohon partisipasinya Bapak/Ibu dan kiranya berbagai rezeki dan kebahagiaan kepada kami untuk menikmati dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.
(OL-13)

Baca Juga: Kapolri Imbau Masyarakat Mudik Lewat Jalur Selatan

Baca Juga

DOK.MI

Kembali Bertambah, Kasus Covid-19 di DKI Tembus 9.593

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:10 WIB
Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 11,60%, sedangkan persentase kasus positif secara...
Ist

Bogor Food Festival Digelar di Lippo Plaza Ekalokasari Bogor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:43 WIB
Lebih dari 30 both menyiapkan berbagai ragam jenis makanan traditional yang didominasi makanan traditional nusantara...
Dok. HIPMI Jaya

HIPMI Kepulauan Seribu Dilantik, Potensi Kewirausahaan Baru di Jakarta Terus Digali

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:25 WIB
BPC Kepulauan Seribu merupakan BPC ke enam dibawah BPC HIPMI Jaya dan akan dipimpin oleh Ketua Umum terpilih Rangga Derana Niode...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya