Kamis 21 April 2022, 22:51 WIB

Kapolri Imbau Masyarakat Mudik Lewat Jalur Selatan

Siti Yona Hukmana | Megapolitan
Kapolri Imbau Masyarakat Mudik Lewat Jalur Selatan

Antara
Ilustrasi

 

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat mudik lewat jalur alternatif. Pasalnya, ruas jalan tol diprediksi akan terjadi kepadatan saat puncak mudik Kamis (28/4)

"Jalur juga kita harapkan bisa menjadi pilihan, karena rata-rata memilih jalan tol, sehingga kemudian di jalan tol kebanyakan jadi berat. Ada alternatif jalur selatan yang tentunya saat ini baru selesai di bangun itu bisa dijadikan pilihan," kata Listyo saat meninjau acara 1 juta vaksin booster di PBNU, Jakarta, Kamis (21/4)

Kapolri juga menyarankan masyarakat mudik menggunakan kereta api Indonesia (KAI). Menurut dia, KAI bisa menampung 20 ribu penumpang per hari.

"Jadi, ini juga bisa menjadi salah satu pilihan. Sehingga, masyarkat bisa nyaman pada saat mudik, motornya juga bisa dibawa dengan kereta api," ujar mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu.

Listyo menyebut mudik Lebaran 2022 ini adalah waktu yang ditunggu-tunggu masyarakat. Pasalnya, masyarakat sudah menahan untuk tidak mudik selama dua tahun terakhir karena pandemi covid-19.

Dia meyakini animo masyarakat untuk pulang ke kampung halaman itu bisa memicu terjadi kemacetan yang luar biasa. Meski begitu, Listyo menyebut Korlantas Polri telah menindaklanjuti kebijakan pemerintah memberikan kesempatan mudik itu dengan menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin).

Di samping itu, Korlantas Polri juga berkoordinasi dengan kementerian terkait dan pihak swasta. Tujuannya, agar bisa meliburkan atau memberikan waktu cuti lebih cepat kepada karyawan agar pemudik tidak menumpuk pada H-3.

"Karena kalau cutinya H-3 pasti akan terjadi kemacetan yang luar biasa. Oleh karena itu, harapan kita cuti bisa diatur dan diberikan mungkin dimulai H-8, H-7 sudah dilaksanakan," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Antara/Aprilio Akbar

Pemulihan Ekonomi Semakin Terasa, UMKM di Jakarta Terus Didorong Untuk Bangkit

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:36 WIB
Program pemerintah melalui KUR, dikatakan dia, bisa membangkitkan ekonomi. Untuk itu, Pegadaian hadir untuk salurkan KUR super...
MI/ Moh Irfan

Tandon Air Proyek LRT di Jakarta Jebol

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:34 WIB
Hingga saat ini, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab jebolnya tandon air proyek LRT di Jakarta, yang mengakibatkan lima orang...
MI/Rommy Pujianto

Pelapor Roy Suryo: Saya hanya Menyuarakan Minoritas

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:15 WIB
Harapan Herna bahwa semoga kasus ini ditinjaklanjuti, sama seperti kasus penistaan agama yang sudah terjadi sebelumnya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya