Jumat 15 April 2022, 16:05 WIB

Polri Pastikan Ivan Gunawan Tidak Terlibat TPPU DNA Pro

Kautsar Widya Prabowo | Megapolitan
Polri Pastikan Ivan Gunawan Tidak Terlibat TPPU DNA Pro

MI/Galih Pradipta
Ivan Gunawan

 

POLRI memastikan publik figur Ivan Gunawan tidak terlibat tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam kasus dugaan investasi bodong melalui robot trading DNA Pro. Sebab, Ivan telah mengembalikan uang dari kasus tersebut.

"Dia mengembalikan uang, berarti tidak terlibat TPPU," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, hari ini.

Gatot menyampaikan bahwa Ivan Gunawan telah diperiksa selama tiga jam. Dia dicecar seputar tugasnya sebagai brand ambasador.

"Yang bersangkutan diajukan 16 pertanyaan seputar peran sebagai brand ambassador, sebagai BA saudara IG menerima fee sebesar Rp 1,09 miliar. Fee ini adalah dijadikan barbuk untuk disita penyidik," jelas Gatot.

Selain itu, Gatot menyebut Ivan dikontrak DNA Pro sebagai brand ambasdor selama tiga bulan. Ia dibayar senilai 1,09 Miliar.

Namun, uang yang dikembalikan Ivan ke penyidik berjumlah Rp921 juta. Sebab, sisanya digunakan untuk membuka akun atau menjadi member DNA Pro.

"Dari fee Rp 1,09 miliar yang dikembalikan ke penyidik disita dan barang bukti sebanyak Rp 921 juta. Sedangkan selisih sebesar Rp168,3 juta digunakan DNA Pro buka akun," pungkasnya.

Baca juga: Pekan Depan, Polisi Panggil Billy Syhaputra terkait DNA Pro

DNA Pro merupakan satu dari 336 perusahaan robot trading yang diblokir Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag). DNA Pro sudah dilaporkan sejumlah korban ke polisi. Kerugiannya mencapai Rp97 miliar.
 
Penyidik menetapkan 12 tersangka dalam kasus ini, Mereka, YS, RU, RS, RK, FR, AB, ZII, JG, ST, FE, AS dan DV. Sebanyak enam di antaranya sudah ditangkap, sisanya masih dalam pengejaran.

Tersangka dijerat dengan Pasal 106 juncto Pasal 24 dan atau Pasal 105 juncto Pasal 9 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan. Lalu, Pasal 3, Pasal 5 juncto Pasal 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Para korban melaporkan kasus ini ke Bareskrim Polri pada 28 Maret 2022. Sebanyak 122 korban melapor dengan kerugian hingga Rp17 miliar.

Para korban yang melapor sempat menyeret nama artis seperti Ivan Gunawan hingga pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar karena ikut mempromosikan DNA Pro.

"Yang kami laporkan, baik itu CEO-nya, owner-nya maupun terkait dengan founder dan leader founder-nya. Karena ada beberapa ownernya dan leadernya adalah publik figur," kata Perwakilan kuasa hukum korban DNA Pro, Zaenul Arifin beberapa waktu lalu.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

Tiang Pantograf Roboh Timpa KRL hingga Anjlok di Kampung Bandan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 20:10 WIB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya Sabtu (26/11) siang hingga sore ini membuat sebuah tiang pantograf roboh menimpa...
DOK.MI

Belasan Kontrakan Luluh Lantak Dihantam Puting Beliung di Jelambar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:55 WIB
Hingga kini, tercatat 26 kepala keluarga (KK) atau 68 jiwa yang kehilangan tempat tinggal akibat kejadian...
MI/RAMDANI

Jakarta Kembangkan Potensi Ekonomi Kreatif Digital

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:22 WIB
Andhika mengungkapkan, telah menyiapkan rancangan besar grand desain pengembangan ekonomi kreatif di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya