Senin 21 Februari 2022, 16:32 WIB

Anies Sebut PLTSa Bantargebang Solusi Atasi 7.800 Ton Sampah DKI

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Anies Sebut PLTSa Bantargebang Solusi Atasi 7.800 Ton Sampah DKI

ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Pekerja beraktivitas di area instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Bantar Gebang di Bekasi, Jawa Barat.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan mesin pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) hasil inovasi Badan Riset Nasional (BRIN) bisa menjadi solusi dalam menangani 7.800 ton per hari sampah ibukota yang kian menumpuk di TPST Bantargebang Kota Bekasi. Terlebih lagi lahan pembuangan sampah yang ada saat ini semakin lama kian sempit.

"Menurut BRIN, dari 1.000 ton sampah yang dikelola setiap harinya mampu menghasilkan daya listrik sebesar 700 Kilowatt. Diharapkan mampu menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan sampah yang ada," kata Anies Baswedan didamping Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto usai mengunjungi TPST Bantargebang zona DKI di Kota Bekasi, Senin (21/2).

Ia menjelaskan, dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022, BRIN melakukan penyerahan aset hasil karya anak bangsa PLTSa merah putih. 

Sebanyak dua mesin pembangkit listrik berbahan bakar sampah ditempatkan dan dioperasionalkan di TPST Bantargebang zona DKI.

Anies mengungkapkan pengelolaan sampah yang ada merupakan konsen bersama. Dibutuhkan gerakan untuk mengubah dari sesuatu yang tidak memiliki manfaat menjadi sesuatu yang memiliki manfaat.

Baca juga: Anies: RDF Plant Bisa Jadi Solusi Pengelolaan Sampah Terpadu

"Sampah bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, melainkan menjadi tanggung jawab kita bersama. Segala bentuk inovasi dalam mengelola sampah harus terus diciptakan dengan harapan mampu mengatasi permasalahan sampah dari hulu ke hilir," tegasnya.

Sementara Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan pihaknya mengapresiasi atas inovasi mesin PLTSa tersebut. Ia berharap, melalui peringatan HPSN 2022 mampu membangun kesadaran warga masyarakat untuk sadar akan kebersihan lingkungan, dan bijak dalam mengelola sampah yang ada.

"Sekitar 7.800 ton sampah per hari yang dihasilkan oleh DKI Jakarta yang dibuang ke TPST Bantargebang, saya apresiasi betul atas terobosan yang diciptakan oleh BRIN. Semoga dapat meminimasi sampah yang ada secara optimal. Selain itu tentu harapannya melalui peringatan HPSN dapat membangun kesadaran warga masyarakat untuk dapat bijak dalam mengelola sampah yang ada," pungkasnya.(RK/OL-09)

Baca Juga

DOK.MI

Polda Metro Tangkap Pelaku Tutup Jalan Asia Afrika untuk Balap Liar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:45 WIB
Sebelumnya, rekaman video aksi balap liar di Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, tersebar melalui media sosial beberapa waktu...
Antara

Pemprov DKI Pusatkan Salat Iduladha di Jakarta International Stadium

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:40 WIB
PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memusatkan ibadah salat Iduladha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta...
Ist

Pameran Mommy N Me di JCC, Senayan, Telah Resmi Dibuka

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 21:42 WIB
pada Jumat (1/7), pameran Mommy N Me resmi dibuka. Mommy N Me siap menjadi tempat seru untuk menghabiskan akhir pekan sekaligus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya