Rabu 12 Januari 2022, 11:20 WIB

Puskesmas di Jakarta Mulai Berikan Vaksin Booster

Basuki Eka Purnama | Megapolitan
Puskesmas di Jakarta Mulai Berikan Vaksin Booster

MI/RAMDANI
Nakes menjelaskan soal vaksin booster covid-19 di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (12/1).

 

SEJUMLAH Puskesmas di DKI Jakarta mulai membuka vaksinasi dosis ketiga (booster) kepada masyarakat umum termasuk bagi kelompok rentan, di antaranya warga lanjut usia (lansia).

"Siang ini, kami mulai dulu untuk beberapa kuota yang sudah memenuhi syarat," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Pancoran Sri Lenita, Rabu (12/1).

Pihaknya membuka kuota vaksinasi dosis ketiga itu untuk 20 orang di hari pertama itu.

Baca juga: Hari Ini, Puskesmas Menteng Siapkan 50 Dosis Vaksin Booster Gratis

Menurut dia, kuota yang terbatas itu menyesuaikan dengan kuota jadwal vaksinasi berjadwal sebelumnya yakni vaksinasi anak usia 6-11 tahun, vaksinasi lansia, dan vaksinasi masyarakat umum lainnya.

Selain itu, pihaknya juga perlu menyesuaikan kapasitas tempat dan tenaga medis yang bertugas.

Untuk kegiatan vaksinasi dosis ketiga, pihaknya tidak menyiapkan petugas khusus, namun menggunakan petugas yang memang sudah bertugas melayani vaksinasi sebelumnya.

Mereka terdiri dari dua tim dengan masing-masing tim terdiri dari dokter, tenaga kesehatan (nakes), dan petugas administrasi.

Tidak hanya di Pancoran, Puskesmas Kecamatan Jagakarsa juga membuka vaksinasi dosis ketiga yang dijadwalkan pukul 13.00-15.00 WIB dengan kuota 32 orang.

Melalui akun instagram @pkmjagakarsa, mereka mensyaratkan untuk mengakses vaksinasi dosis ketiga adalah sudah terbit tiket ketiga yang dapat dicek di akun PeduliLindungi.

Kemudian, sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua terakhir enam bulan lalu dan dalam kondisi sehat serta lolos pemeriksaan kesehatan.

Puskesmas Jagakarsa membuka pendaftaran melalui laman bit.ly/vaksinboosterjagakarsa.

Sementara itu, Puskesmas lain di antaranya Puskesmas Kecamatan Cengkareng di Jakarta Barat belum membuka vaksinasi dosis ketiga.

Melalui unggahan di akun Instagram, Puskesmas Cengkareng mendukung pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga namun pihaknya masih menyiapkan logistik vaksin.

Begitu juga dengan Puskesmas Cilandak, Jakarta Selatan yang akan melakukan vaksinasi dosis ketiga bertahap namun menyesuaikan ketersediaan logistik. (Ant/OL-1)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

Simpang Baru Citra Grand Cibubur Diujicobakan Hari Ini

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 26 Januari 2022, 11:35 WIB
DISHUB Kota Bekasi melakukan ujicoba pengoperasian Simpang Baru Kawasan Perumahan Citra Grand Cibubur CBD, Kecamatan Jatisampurna, Kota...
dok.mi

Polisi Kantongi Identitas Pembunuh AY Di Jatiwaringin

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 26 Januari 2022, 11:28 WIB
POLISI menyatakan telah mengantongi identitas pelaku kasus pembunuh pemuda inisial AY (19), yang ditemukan tewas di kamar mandi rumahnya di...
AFP/ Rezas

Bertambah 315, Kasus Aktif Covid-19 Kota Bekasi Tembus Angka 1.000

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 26 Januari 2022, 10:51 WIB
Hingga saat ini, tercatat penambahan 315 kasus aktif baru sehingga kasus aktif covid-19  melonjak menjadi 1.105 jiwa dari sehari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya