Sabtu 08 Januari 2022, 18:19 WIB

Tanpa Barang Bukti, Penangkapan Naufal Diduga Salah Prosedur

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Tanpa Barang Bukti, Penangkapan Naufal Diduga Salah Prosedur

MI/HERI SUSETYO
, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan

 

POLISI tak menahan artis Naufal Samudra. Diketahui, Naufal awalnya berstatus sebagai tersangka setelah diciduk di rumahnya di kawasan Jakarta Selatan pada Jumat (7/1). Naufal awalnya disebut menggunakan narkoba, namun polisi tidak menemukan barang bukti narkoba apapun dalam penangkapan itu.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan menyebut meskipun penangkapan Naufal Samudra berawal dari nyanyian pengedar narkoba, namun seharusnya tak bisa diproses secara hukum.

"Setiap melakukan penangkapan seseorang, minimal harus memiliki bukti-bukti yang cukup," tutur Edi kepada Media Indonesia, Sabtu (8/1).

Baca juga: Tidak Ada Barang Bukti, Naufal Samudra Dibebaskan

"Misal ada penyidik yang melakukan kesalahan, tidak benar kalau seperti itu," tambahnya.

Pekerjaan polisi terkait penangkapan seseorang, lanjut Edi, harus didasari dengan bukti-bukti yang cukup. "Polisi harus profesional, tidak boleh lagi ada penangkapan tanpa bukti. Tanpa bukti tidak boleh. Meskipun ada yang nyanyi tidak bisa diproses secara hukum," ujarnya.

Edi menegaskan bahwa ada kesalahan yang dilakukan oleh penyidik yang melakukan penangkapan terhadap Naufal. "Kalau ada buru-buru seperti ini penyidik bisa diproses karena ada pelanggaran kode etik dan disiplin dan kesalahan prosedur. Setiap melakukan penangkapan harus disertai bukti dan petunjuk di lapangan."

Edi mencontohkan jika ada rekaman CCTV sebagai petunjuk barulah dirasa kuat untuk melanjutkan ke proses hukum. "Misalnya, ada maling, tapi ada bukti gambar itu bisa diproses," ungkapnya.

Intinya, lanjut Edi, meskipun penangkapan artis FTV itu berawal dari informasi seorang pengedar bernama Ridwan, tetap saja jika tidak ada bukti tak bisa diproses secara hukum. "Baru ucapan saja tidak bisa, walau ada pengakuan tapi kalau tidak ada bukti, ya tidak bisa proses," tandasnya.

Sebelumnya, polisi tak menahan artis Naufal Samudra. Awalnya, Naufal disebut menggunakan narkoba, namun polisi tidak menemukan barang bukti narkoba apa pun dalam penangkapan itu. 

"Yang bersangkutan memang sebagai pengguna, tetapi pada saat diamankan yang bersangkutan tidak sedang menggunakan dan tidak memiliki barbuk (barang bukti) baik yang ada di dalam tubuhnya maupun di dalam rumahnya," papar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Sabtu (8/1). 

Tak hanya itu, polisi juga telah memeriksa urine kekasih aktris Dinda Kirana itu. Naufal Samudra telah menjalani tes urine usai diciduk atas dugaan penyalagunaan narkoba dengan hasil negatif. (J-2)

Baca Juga

DOK.MI

Polda Metro Tangkap Pelaku Tutup Jalan Asia Afrika untuk Balap Liar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:45 WIB
Sebelumnya, rekaman video aksi balap liar di Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, tersebar melalui media sosial beberapa waktu...
Antara

Pemprov DKI Pusatkan Salat Iduladha di Jakarta International Stadium

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:40 WIB
PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memusatkan ibadah salat Iduladha 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta...
Ist

Pameran Mommy N Me di JCC, Senayan, Telah Resmi Dibuka

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 21:42 WIB
pada Jumat (1/7), pameran Mommy N Me resmi dibuka. Mommy N Me siap menjadi tempat seru untuk menghabiskan akhir pekan sekaligus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya