Sabtu 04 Desember 2021, 18:25 WIB

Imbas Ganjil-Genap di Margonda, Jalan di Depok Macet Parah

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Imbas Ganjil-Genap di Margonda, Jalan di Depok Macet Parah

MI/ANDRI WIDIYANTO
Ilustrasi

 

HARI pertama penerapan ganjil genap (GaGe) di Jalan Margonda Raya, Kota Depok terjadi kemacetan.

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Depok Ari Manggala mengatakan, imbas uji coba GaGe di Jalan Margonda Raya terjadi kemacetan di Jalan Komisaris Jenderal (Komjen) M. Yasin, Kelapa Dua, Jalan Tole Iskandar, Jalan Insinyur Haji Juanda, dan Jalan Siliwangi, Pancoran Mas.

" Imbas GaGe di Jalan Margonda Raya, kemacetan parah terjadi di Jalan Komjen M. Yasin, Jalan Tole Iskandar, Jalan Insinyur Haji Juanda, dan Jalan Siliwangi, " kata Ari Manggala dihubungi Sabtu (4/12).

Secara umum, Ari mengatakan arus lalu lintas di Jalan Margonda Raya berjalan lancar. Kendaraan yang melintas yang dibolehkan plat genap. Sementara kendaraan plat ganjil diputar balik ke jalur lain.

"Pada saat diputar balik itulah terjadi kemacetan di Jalan Komjen M. Yasin, Jalan Insinyur H. Juanda, Jalan Tole Iskandar, dan Jalan Siliwangi," paparnya.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun, Transjakarta Belum Putus Kontrak dengan Operator Bus

Menurut Ari Manggala, sistem GaGe di Jalan Margonda Raya berlaku selama enam jam mulai pukul 12.00-18.00 WIB sesuai Kepmenhub, dimulai dari titik Jalan Arif Rahman Hakim hingga fly over Universitas Indonesia (UI).

" GaGe bertujuan mengurangi kepadatan di jalur Margonda Raya pada akhir pekan, " ujarnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Metropolitan Kota Depok Komisaris Jhoni Eka Putra mengatakan, GaGe hanya berlaku bagi kendaraan roda empat pribadi. Tidak berlaku bagi kendaraan umum seperti angkutan umum, bus, dan kendaraan roda empat khusus seperti dinas.

" Pada hari pertama uji coba yang jatuh pada tanggal genap maka hanya mobil dengan plat nomor ujung genap yang boleh melintas di Margonda Raya. Untuk mobil plat kendaraan ganjil dialihkan ke jalan lain. Sedangkan untuk hari kedua pada Minggu (5/12) yang jatuh pada angka ganjil maka hanya mobil plat ganjil yang boleh melintas di Margonda. Pada uji coba ini, petugas hanya melakukan imbauan dan tidak ada penindakan.

“Belum dilakukan penindakan untuk saat ini karena masih uji coba,” tukasnya.

Disebutkan dia, titik penyekatan GaGe disebar di enam titik sepanjang Margonda Raya. Mulai dari Jalan Arif Rahman Hakim hingga fly over UI. Namun bagi warga yang tinggal di kawasan Margonda Raya masih boleh melintas.

Pengecualian juga diberlakukan bagi taksi online. “Untuk masyarkat setempat diperbolehkan. Juga untuk kendaraan (taksi) online tapi kita lakukan pemeriksaan,” paparnya.

Pantauan di lapangan, masih banyak warga pengendara yang tidak tahu mengetahui pemberlakuan GaGe pada hari ini. Masih banyak warga yang bingung ketika mereka diarahkan petugas untuk tidak melintas du Margonda bagi kendaraan plat ganjil. Sehingga terjadi penumpukan kendaraan di titik-titik penyekatan GaGe ini.

Jhoni menuturkan agar warga mau mengikuti kebijakan yang diambil untuk mengurangi mobilitas di jalanan. “Bagi masyarakat harap untuk mengikuti kebiasaan baru di tengah masa pandemi covid-19 dalam pemberlakuan ganjil genap untuk mengurangi mobilitas masyarakat,” pungkas Jhoni. (OL-4)

Baca Juga

Ant/Fauzan

Hujan Deras Landa Tangerang Sedikitnya 500 Rumah Kebanjiran

👤Sumantri Handoyo 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:46 WIB
HUJAN deras yang melanda kabupaten dan Kota Tangerang Rabu malam hingga Kamis dini hari (19-20/1), mengakibatkan ratusan rumah tergenang...
dok.ant

Curah Hujan Ekstrem, DKI Klaim Genangan Air Cepat Ditangani

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:25 WIB
CUACA yang ekstrem ditambah peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum (ROB), membuat beberapa wilayah di DKI Jakarta...
dok.ant

BMKG: Ibu Kota DKI akan Hujan Ringan di Pagi dan Siang Hari

👤Muhammad Fauzi 🕔Kamis 20 Januari 2022, 06:10 WIB
BMKG memprakirakan Ibu Kota DKI Jakarta, mengalami hujan ringan pada Kamis pagi hari hingga siang hari di sejumlah wilayah kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya