Senin 08 November 2021, 22:37 WIB

Pemprov DKI Beri Teguran Tertulis ke Perusahaan Farmasi terkait Limbah Parasetamol di Teluk Jakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemprov DKI Beri Teguran Tertulis ke Perusahaan Farmasi terkait Limbah Parasetamol di Teluk Jakarta

Antara/Aprilio Akbar
Petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memeriksa kandungan parasetamol di Teluk Jakarta

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) telah memberikan sanksi berupa teguran tertulis kepada satu perusahaan farmasi karena terbukti membuang limbah farmasi ke Teluk Jakarta tanpa pengolahan yang optimal. 

Menurut Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto, sanksi itu sebagai hasil penelusuran yang dilakukan oleh Dinas LH DKI ke perusahaan-perusahaan farmasi di Jakarta setelah ditemukannya kandungan parasetamol di Teluk Jakarta dari pengujian sampel air. 

"Ya sudah ada, pabrik yang teridentifikasi saya lupa namanya pokoknya di daerah Teluk Jakarta inisialnya MEP itu farmasi. Dia terbukti bahwa ada kadar COD BOD-nya, kemudian juga terbukti dia membuang instalasi pengolahan limbahnya juga enggak diterapkan secara baik," kata Asep, Senin (8/11). 

Asep menuturkan, sanksi teguran tertulis pertama diberikan dan perusahaan itu wajib memperbaiki instalasi pengolahan limbah (Ipal) di dalam pabriknya. 

Baca juga : Angkot Tabrak Toko Kasur di Jakarta Timur

"Kalau denda belum ada. Sanksi administrasinya surat teguran dari kita kepada perusahaan tersebut," ungkapnya. 

Asep melanjutkan, pihaknya tak tahu pasti sejak kapan pabrik farmasi itu melakukan kesalahan tersebut. Terlebih, hasil sampel air baru diketahui pada Oktober lalu yang merupakan tindak lanjut dari hasil temuan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

"Kita lihat saja apakah dalam waktu beberapa hari ini mereka bisa memperbaiki itu. Yang jelas paling tidak butuh waktu 3-4 bulan untuk membangun Ipal terpadu. Kita akan cek lagi 3-4 bulan ke depan," pungkasnya. 

Di sisi lain, investigasi juga dilakukan di pabrik-pabrik farmasi lainnya namun yang ditemukan baru di satu perusahaan tersebut. (OL-7)

Baca Juga

dok.mi

Salah Paham Dikira Curi Mobil Dihakimi Warga Hingga Tewas

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 23 Januari 2022, 13:30 WIB
SEORANG pengemudi mobil berinisial HM (80), meregang nyawa setelah dihakimi massa di Jalan Pulo Kambing, kawasan Pulogadung, Jakarta Timur,...
dok.ant

Besok, Biskita Transpakuan Bogor Beroperasi Lagi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:15 WIB
BPTJ Kementerian Perhubungan memastikan bahwa BISKITA Trans Pakuan di Kota Bogor mulai besok, Senin (24/1) beroperasi...
dok.ant

Kasus Covid-19 hingga Sabtu di Jakarta Bertambah 1.825 Orang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 23 Januari 2022, 09:45 WIB
KASUS positif baru di DKI Jakarta berdasarkan hasil tes PCR, Sabtu bertambah 1.825 orang  dimana 1.528 di antaranya (83,7%) merupakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya