Jumat 15 April 2022, 17:00 WIB

KM Angke Jaya 2 Terbakar, 10 ABK Diselamatkan TNI AL

Mediaindonesia.com | Megapolitan
KM Angke Jaya 2 Terbakar, 10 ABK Diselamatkan TNI AL

DOK Dispen Koarmada I.
Penyebab kebakaran dan perkiraan besarnya kerugian masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

 

SEBANYAK 10 awak kapal penangkap ikan KM Angke Jaya 2 yang terbakar hebat di perairan Teluk Jakarta ditolong oleh KRI Teuku Umar-385. Kebetulan, KRI tersebut tengah melaksanakan operasi patroli keamanan dan kedaulatan di laut, Kamis (14/4).

Komandan KRI Teuku Umar-385 Letkol Laut (P) Faisal Yanova Tanjung menyampaikan bahwa proses evakuasi dimulai saat melihat kepulan asap dari kejauhan lalu melakukan pendekatan dan identifikasi kontak secara visual. Kondisi kapal yang terbakar hebat mengakibatkan KRI Teuku Umar tidak dapat berbuat banyak untuk memadamkan api yang telah membakar sekitar 80% kapal penangkap ikan tersebut.

Beruntung 10 awak kapal telah meninggalkan kapal ketika menyadari kebakaran tidak dapat ditanggulangi. Kesepuluh awak kapal yang merupakam nelayan tersebut mendapatkan pemeriksaan kesehatan sebelum dititipkan pada kapal ikan lain, KM Blessing 03, yang melintas di sekitar lokasi kejadian menuju Pelabuhan Muara Angke Jakarta. 

Usai menitipkan kesepuluh awak kapal ke KM Angke Jaya 2 yang terbakar tersebut, KRI Teuku Umar-385 melanjutkan patroli menuju sektor operasi. Penyebab kebakaran dan perkiraan besarnya kerugian masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

Baca juga: Polri Pastikan Ivan Gunawan Tidak Terlibat TPPU DNA Pro

Di tempat terpisah Pangkoarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah menyampaikan apresiasi atas upaya pertolongan yang dilakukan oleh jajarannya tersebut. Ia juga mengatakan bahwa sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono agar keberadaan TNI Angkatan Laut di mana saja harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar terutama masyarakat pengguna laut dan tidak ragu-ragu memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada termasuk alut sista guna kepentingan kemanusiaan. (RO/OL-14)

Baca Juga

MI/Ramdani

Tak Lagi Berorientasi Kendaraan Pribadi, Pertumbuhan Jalan di Jakarta Hanya 0,01%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 29 September 2022, 13:31 WIB
Pemprov DKI fokus membangun transportasi massal dan pengembangan kota yang berorientasi transit atau transit oriented development...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kombes Murbani Terima Sanksi Demosi 1 Tahun Buntut Kasus Tewasnya Brigadir J

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 29 September 2022, 12:58 WIB
"Sanksi administratif, yaitu mutasi bersifat demosi selama 1 tahun semenjak dimutasikan ke Yanma...
dok.ist

Bantu Warga Bogor UMKM Emak-emak for Sandi Jual Sembako Murah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 09:03 WIB
RATUSAN ibu - ibu di Kota Bogor mengantre bazar sembako murah yang digelar oleh UMKM Emak - Emak For Sandi Bogor di Lebak Pilar, Kelurahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya