Selasa 19 Oktober 2021, 11:31 WIB

Seluruh Kereta Telah Berada di Lintasan LRT Jabodebek

Fetry Wuryasti | Megapolitan
Seluruh Kereta Telah Berada di Lintasan LRT Jabodebek

Antara/Aditya PP
LRT

 

Rangkaian kereta atau trainset terakhir dari LRT Jabodebek telah tiba di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Jawa Barat. Sebanyak 6 kereta dalam satu rangkaian tiba dan langsung diangkut secara perlahan untuk naik ke lintasan. Kereta ini dikirimkan langsung dari pabrik milik PT INKA (Persero) di Madiun, Jawa Timur. Trainset ini merupakan kereta terakhir sejak pengiriman pertama pada Oktober 2019.

PT Adhi Karya Tbk telah melakukan tes beban pada infrastruktur prasarana LRT Jabodebek, yakin bentang panjang yang terletak di atas jalan Tol Jakarta, yakni Jakarta Outer Ring Road atau JORR.

"Dalam tiap pembangunan proyek infrastruktur, tentunya selalu ada uji kelayakan yang dilakukan untuk memastikan bahwa bangunan tersebut dapat digunakan oleh masyarakat. Salah satunya ialah tes beban pada suatu bangunan. Bentang panjang ini memiliki panjang hingga 90 meter dan mengalahkan salah satu bentang terpanjang di Dubai, yakni 74 meter," kata Sekretaris Perusahaan ADHI Farid Budiyanto, Selasa (19/10).

Lingkup pekerjaan ADHI mencakup, penyambungan lintasan, pembangunan fisik stasiun, jalur layang, trackwork dan lintasan rel, serta persinyalan. Hingga akhir September 2021, progres pembangunan prasarana Kereta Api Ringan/ Light Rail Transit atau LRT yang terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek). Tahap I secara keseluruhan telah mencapai 87,54%.

Detail kemajuan pelaksanaan pekerjaan pada tiap lintas pelayanan, antara lain lintas pelayanan I Cawang-Cibubur sebesar 93,94%, lintas pelayanan II Cawang-Dukuh Atas sebesar 87,99%, lintas pelayanan III Cawang-Bekasi Timur sebesar 92,25%, serta pembangunan Depo yang telah mencapai 55,85%. Untuk pembangunan fisik stasiun, saat ini telah mencapai lebih dari 90% secara keseluruhan. Hal ini terlihat dari telah berdirinya 18 stasiun di sepanjang 3 lintas pelayanan. (OL-12)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Dua Operator Dihentikan Sementara, Transjakarta Jamin Armada Aman

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 14:26 WIB
Transjakarta terus alami kecelakaan di waktu yang berdekatan. Hal itu menyebabkan dua operator bus Transjakarta, yakni PT Steady Safe Tbk...
MI/Andri Widiyanto.

Ini Kronologi Bus Trans-Jakarta Tabrak Pos Lantas Versi Polisi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 13:50 WIB
Adapun dugaan sementara penyebab terjadinya kecelakaan ialah ada dongkrak yang berada di bawah jok pengemudi menggelinding mengenai pedal...
M/Andri Widiyanto

Depok Mulai Terapkan Uji Coba GaGe di Jalur Margonda

👤Kisar Rajagukguk 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 11:05 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Depok menerapkan uji coba ganjil-genap (GaGe) di jalur Margonda Kota Depok,setiap akhir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya